pelantar.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Kepulauan Riau akan membantu menerbitkan KTP elektronik (e-KTP) milik warga yang menjadi korban kebakaran di Pesantren Aljabar dan perumahan Tiban 1 Patam Lestari. Pemerintah menyiapkan mobil layanan keliling untuk mempermudah layanan di dua lokasi tersebut.

“Mobil akan siap di lokasi kebakaran pada hari Rabu (24/10), untuk membantu melayani masyarakat atau para korban kebakaran yang mungkin saja e-KTP mereka hilang atau terbakar,” kata Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Khaidar di kantornya, Senin (22/10).

Ia mengatakan, mobil keliling itu awalnya memang disiapkan untuk membantu para korban kebakaran yang e-KTP nya hilang atau terbakar. Namun, pihaknya kemudian memutuskan untuk memberi layanan terbuka kepada masyarakat umum.

“Bagi masyarakat yang datanya sudah terekam, nanti bisa langsung mencetak e-KTP di mobil layanan keliling itu,” katanya.

Menurut Said, kedatangan layanan mobil keliling Disdukcapil Batam di lokasi kebakaran merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat yang terkena musibah kebakaran. Layanan itu diharapkan dapat meringankan beban serta membantu seluruh korban kebakaran.

Bagi masyarakat pindahan dari luar daerah yang belum mempunyai e-KTP, juga akan dilayani. Namun, prosesnya akan lebih mendalam. Disdukcapil akan memeriksa asal pemohon termasuk mengecek apakah sebelumnya sudah pernah melakukan perekaman data e-KTP atau belum.

Baca Juga :

Selain layanan penerbitan e-KTP, mobil keliling Disdukcapil itu juga akan memberi pelayanan lain seperti pengurusan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

“Tapi yang bisa langsung dicetak saat ini baru untuk e-KTP saja. Untuk KK dan akta kelahiran, nanti akan dilakukan pendataan ulang bersama-sama dengan pihak kelurahan dan kecamatan langsung di lokasi kebakaran,” kata dia.

 

Reporter : Fathurrohim
Editor : Yuri B Trisna

Foto utama: Petugas dan warga setempat berusaha memadamkan api yang membakar lingkungan Pesantren Aljabar, Bengkong, Batam, Selasa (16/10) malam. (PELANTAR/Fathurrohim)