Pelantar.id – Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini, 16 November relatif stagnan. Per gram dibanderol seharga Rp985 ribu.

Dikutip dari data Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, pembelian kembali atau buyback ditetapkan seharga Rp864 ribu per gram atau sama dengan perdagangan kemarin.

Berbeda dengan harga emas dalam negeri, harga emas internasional naik tipis pada perdagangan Senin, 16 November 2020.

Kenaikan ini disebabkan oleh pelemahan dolar AS dan meningkatnya kasus virus corona di Amerika Serikat yang meningkatkan kekhawatiran akan dampak pandemi pada laju pemulihan ekonomi.

Baca: Kemenaker Salurkan Subsidi Gaji Termin Kedua untuk 2.713.434 Pekerja

Baca Juga :   Pengusaha Tak Perlu Lagi Bawa SIUP dan TDP Urus Kredit di Bank

Dilansir CNBC, harga emas di pasar spot naik 0,1 persen menjadi US$1.888.91 per ons. Sedangkan emas berjangka AS naik 0,1 persen menjadi US$1.888,30.

Indeks dolar turun 0,1 persen, sementara pasar saham Asia dibuka lebih tinggi karena optimisme vaksin.

Pandemi yang muncul kembali, dan stimulus fiskal yang habis, meredupkan prospek ekonomi di Amerika Serikat. Jumlah kasus infeksi di Amerika Serikat saat ini sudah melampaui angka 11 juta.

Penasihat utama presiden terpilih AS Joe Biden telah menyerukan tindakan segera untuk mengatasi krisis COVID-19 yang ‘sangat mengkhawatirkan’ di negara itu pada hari Minggu.

viva