pelantar.id – Kabar duka menyelimuti jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Kapal Puskesmas Keliling milik Puskesmas Kecamatan Siantan Timur tenggelam di perairan Selat Etang, Siantan Timur, Kamis (11/10) sekira pukul 20.30 WIB.

Informasi sementara, 4 orang dilaporkan meninggal dunia dan 1 orang penumpang atas nama Raidah masih hilang. Mengutip situs resmi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau: kepriprov.go.id, saat kejadian, kapal 115 Puskesmas Keliling Kecamatan Siantan Timur itu berada di posisi 03°10.594 Utara-106°19.098 Timur dan dalam keadaan berlayar dari dermaga puskesmas Tarempa menuju Desa Nyamuk.

Kronologis kejadian, kapal Puskesmas Keliling yang dikemudikan Ibrahim itu berlayar dari Pelabuhan Sri Siantan Tarempa pukul 19.30 WIB. Kapal membawa rombongan pegawai Puskesmas Siantan Timur beserta keluarga.

“Namun, saat berada di posisi 03°10.594 Utara-106°19.098 Timur di perairan Selat Etang, sekira pukul 20.30, kapal tenggelam,” tulis situs tersebut, dikutip Jumat (12/10).

Baca Juga : Feri MV Batavia Tabrak Tanker, Satu Penumpang Terjatuh ke Laut

Informasi yang dihimpun, saat kapal tenggelam, penumpang atas nama Kimbon berenang menuju Desa Etang. Ia lalu melaporkan peristiwa itu kepada masyarakat setempat, yang diteruskan ke Cmaat Siantan Timur.

Selanjutnya, aparat bersama masyarakat bergerak menuju ke lokasi kejadian dengan menaiki sejumlah kapal. Mereka kemudian menemukan beberapa penumpang, enam penumpang berhasil diselamatkan sedang empat orang sudah meninggal. Sedangkan satu penumpang lagi hingga sekarang masih belum ditemukan.

Petugasdi Puskesmas Tarempa memeriksa penumpang yang selamat dari tenggelamnya kapal puskesmas keliling.
Foto: Istimewa

Seluruh penumpang baik yang selamat maupun yang meninggal kemudian dievakuasi ke Puskesmas Tarempa. Saat ini, proses pencarian terhadap dua orang penumpang yang hilang masih terus dilakukan oleh Tim Basarnas, Pos AL Memperuk, KAL Baruk dibantu masyarakat nelayan setempat.

Berikut daftar nama penumpang Kapal Puskesmas Keliling:

A. Data Penumpang :
1. Azhar, L, 32 tahun (Kepala TU Puskesmas Siantan Timur)
2. Yuliana, P, 30 tahun (Perawat, istri Azhar)
3. Patra, L , 4 tahun (Putra Azhar)
4. Najwa, P, 5 tahun (Putri Azhar)
5. Kimbom, P, 60 tahun (Orangtua Azhar)
6. Ibrahim 41 tahun (Kapten Kapal)
7. Raidah, P, 25 tahun (Bidan)
8. Syari Devi 22 tahun (Bidan )
9. Rindang, P, 27 tahun (Apoteker)
10. Eko Suroto, 34 tahun (Perawat, Suami Raidah)
11. Varendra, 1.5 tahun (Putra Raidah).

B. Penumpang yang Selamat :
1. Kimbom
2. Eko Suroto
3. Syari Devi
4. Yuliana
5. Patra
6. Ibrahim

C. Penumpang yang Meninggal :
1. Varendra
2. Azhar
3. Najwa
4. Rindang

D. Penumpang yang Hilang :
1. Raidah

 

 

Editor : Yuri B Trisna