Pelantar.id – Yahoo Groups, sebuah layanan gratis dari Yahoo! dengan layanan forum-forum diskusi berupa mailing list dikabarkan tidak akan bisa digunakan lagi atau ditutup pada pada 15 Desember 2020.

Verizon, yang membeli Yahoo pada 2017, mengumumkan keputusan tersebut melalui email yang dikirim ke pengguna Yahoo Groups dan pesan yang diposting di situs web Yahoo Groups.

Seperti diketahui layanan Yahoo Groups, diluncurkan 19 tahun lalu pada tahun 2001. Namun belakangan telah kehilangan sebagian besar basis pengguna yang kini beralih ke seperti Reddit, Google Groups, dan Grup Facebook.

Baca juga: Warga Indonesia sudah diizinkan masuk Singapura, berikut syaratnya

Hal itu menjadi alasan bagi Verizon untuk menutup layanan Yahoo Groups tersebut. Sebenarnya, kemunduran layanan Yahoo Groups sudah terlihat pada tahun lalu.

Baca Juga :   Fame Hotel Promo Khusus Oktober, Usung Tema Halloween Party

Pada saat itu, Verizon mengumumkan bahwa pengguna tak bisa lagi membuat konten baru (diskusi), dan perusahaan berencana untuk menghapus secara permanen semua konten pengguna sebelumnya pada 14 Desember 2019.

Verizon juga menghentikan upaya pengguna untuk mengarsipkan diskusi mereka. Dan mulai hari ini, pengguna Yahoo Groups tidak dapat lagi membuat grup baru. Bahkan ketika masuk ke situs Yahoo Groups, sudah diberitahu bahwa layanannya akan segera berakhir.

zdnet