pelantar.id – Pendafataran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 sudah dibuka. Masyarakat diimbau untuk awas dan waspada, tidak mudah tergiur oleh janji pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Syafruddin sudah mengingatkan masyarakat lebih berhati-hati agar tak tertipu saat mendaftar penerimaan CPNS 2018. Banyaknya formasi yang dibutuhkan dalam penerimaan CPNS tahun ini, dikhawatirkan pula akan dimanfaatkan oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Karena itu, Syafrudin meminta agar masyarakat atau pelamar termasuk orangtua pelamar tidak mempercayai apabila ada orang maupun pihak-pihak tertentu yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi. Apalagi jika dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya.

Baca Juga :   Media Sosial Bantu Remaja Berpikiran Terbuka

“Waspadai setiap modus penipuan berkedok penerimaan CPNS, jangan mudah terkecoh. Tidak ada orang yang bisa membantu meluluskan CPNS,” tegasnya saat berkunjung ke Batam, baru-baru ini.

Baca Juga : 6 Instansi Ini Buka Lowongan CPNS untuk Lulusan SMA

Syafrudin menegaskan, pelaksanaan seleksi CPNS 2018 dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme, serta sama sekali tidak dipungut biaya. Informasi resmi terkait dengan persyaratan penerimaan CPNS 2018 dan jadwal dapat diakses di situs www.menpan.go.id, situs https://sscn.bkn.go.id, serta website Kementerian/Lembaga penerima CPNS terkait.

Senada dengan Syafruddin, Wali Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Syahrul juga mengingatkan para pelamar maupun keluarganya agar tidak percaya terhadap pihak yang menjanjikan kelulusan, terutama jika pihak tersebut meminta imbalan uang ataupun barang. Biasanya, janji tersebut hanya modus untuk aksi penipuan.

Baca Juga :   Akhir Juli, Wisatawan Nusantara Boleh Berlibur ke Bali

“Siapa pun orangnya baik kepala daerah atau PNS di pusat yang menjanjikan dapat meluluskan, itu adalah bohong,” tegasnya Senin (24/9) dikutip dari Antara.

Pelaksanaan CPNS dipastikan dilakukan secara transparan melalui sistem online. Untuk menentukan lolos atau tidaknya seseorang mengikuti tes CPNS, tergantng tingkat ilmu pengetahuan masing-masing peserta.

Baca Juga : 9 Syarat Dasar Ini Wajib Diketahui Pelamar CPNS 2018

Syahrul mengatakan, pengumuman nilai ujian CPNS juga akan langsung keluar saat tes selesai dilaksanakan. Karena itu, kemungkinan untuk melakukan kecurangan tertutup. terhadap anaknya yang ikut tes CPNS tahun ini pun, Syahrul menegaskan tidak bisa membantu kecuali doa.

Pemerintah Kota Tanjungpinang sudah membuka pendaftaran CPNS sejak 19 September lalu dengan 237 formasi. Pendaftaran dibuka melalui website resmi www.tanjungpinangkota.go.id. Tapi pelamar sebelumnya harus membuat akun terlebih dulu di portal https://sscn.bkn.go.id.

Baca Juga :   First Man, Film Manusia Pertama di Bulan Berating Tinggi

Editor : Yuri B Trisna