Pelantar.id – Bawang putih atau dengan nama binomial Allium Sativum sudah sangat akrab di dapur Indonesia. Sejenis umbian ini menjadi bahan atau bumbu dasar masakan para ibu-ibu di rumah.

Dalam penggunaannya, bawang putih sudah digunakan manusia bertahun-tahun atau diperkirakan sejak 7.000 tahun lalu. Bawang putih mulanya tumbuh di Asia Tengah kemudian akhirnya menyebar ke berbagai benua hingga ke Indonesia.

Di Indonesia bawang putih dapat tumbuh dengan baik. Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, ternyata bumbu dapur yang kaya dengan senyawa sulfur ini punya banyak kasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dilansir dari Dream.co id, penelitian Universitas Kopenhagen mengungkapkan, senyawa sulfur aktif pada bawang putih, Ajoene, mampu menghancurkan pertahanan bakteri saat menyerang tubuh manusia.

Selain menghambat molekul pertumbuhan bakteri, Ajoene juga mampu merusak matriks pelindung berlendir yang mengelilingi bakteri yang disebut biofilm.

Berikut ini berbagai manfaat bawang putih yang dikutip dari Dream.co.id

1. Mencegah alzheimer dan demensia
Mengkonsumsi bawang putih dapat mencegah alzheimer dan demensia. BIla mengkonsumsi dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan enzim anti-oksidan pada tubuh, hal ini akan mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Baca Juga :   Rupiah Anjlok Rp14.400 per Dollar AS

2. Mengobati sakit gigi
Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah, anti-bakteri pada bawang putih akan segera membasmi. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sakit gigi.

3. Meningkatkan imunitas
Semua kandungan yang ada pada bawang putih terutama vitamin C nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya baik dengan cara dimakan mentah maupun di jus.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh
Enzim alami yang ada pada bawang putih akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

5. Membantu menurunkan berat badan
Dream – Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh seperti yang telah dijelaskan pada poin 8, maka lemak yang tertumpuk pada bagian tertentu pada tubuh akan berkurang karena kini kamu mempunyai sistem metabolisme tubuh yang lebih baik

6. Mengobati sinusitis
Sifat anti-bakteri pada bawang putih akan membantu mengurangi radang di rongga hidung sehingga bernapas akan menjadi lega dan juga mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis.

7. Mengobati jamur kaki
Sifat anti-inflamasi dalam bawang putih dapat mengobati hingga sembuh jamur kaki dan juga dapat mengeringkan luka dan menyamarkan bekas jamur kaki.

Baca Juga :   Mau Diet Alami? Coba Kurangi Porsi Makan dengan Cara Berikut Ini

8. Menambah gairah seksualitas bagi pria
Manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat bawang putih untuk pria adalah untuk menambah gairah seksualitas. Sebabnya bawang putih mengandung aliccin, yaitu zat yang berfungsi melancarkan peredaran darah pada organ seksual.

9. Mengobati flu
Tidak hanya sinusitis saja, bahkan bawang putih juga dapat mengobati flu. Sifat anti-bakteri dan anti-mikroba akan membasmi bakteri dan mikroba penyebab flu.

10. Mengobati psoriasis
Psoriasis merupakan penyakit kulit yang terjadi karena peradangan seperti kulit mengelupas, gatal, dan disertai nyeri. Sifat anti-inflamasi pada bawang putih dapat mengobati penyakit tersebut. Kamu bisa memakan mentah bawang putih bisa juga dengan mengoles-oles bawang putih pada kulit yang mengalami peradangan.

11. Mencegah kanker
Dream – Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak jadi terbentuk.

editor: Quinna Bening