pelantar.id – Jajaran Satreskrim Polresta Batam menangkap 12 orang pelaku pencurian sepeda motor. Dari 17 motor yang dicuri komplotan itu, polisi baru menemukan 9 unit, sisanya masih dalam pencarian.
Kapolresta Barelang, Kombes Pol Hengky mengatakan,ke-12  pelaku ditangkap di tempat berbeda, dalam satu operasi yang digelar sejak sepekan lalu.
“Ke-12 orang pelaku ini beraksi di beberapa tempat, kebanyakan di lokasi  parkir liar. Mereka ini sudah mencuri 17 motor, 9 di antaranya sudah kami amankan,” katanya dalam jumpa pers di Mapolresta Barelang, Senin (7/10).
Hengky mengatakan, saat menjalankan aksinya, komplotan ini lebih mengincar sepeda motor matik. Mereka sudah menyiapkan kunci T untuk merusak kunci stang motor.
Selain itu, para pelaku juga menggunakan mesin gerinda untuk menghapus nomor rangka dan nomor mesin motor yang berhasil dicuri. Tujuannya untuk menghilangkan jejak.
Di antara pelaku, ada juga yang bertindak merangkap sebagai pencuri maupun penadah motor curian. Dua pelaku diketahui sebagai residivis dalam kasus serupa.
Lanjut Hengky, motor-motor yang dicuri itu dijual pelaku dengan harga miring. Sebagian motor ada pula yang dijual di luar Pulau Batam.
Pengakuan Pelaku
Ditemui di sela jumpa pers tersebut, beberapa pelaku mengaku sebelum beraksi mereka berkeliling untuk survei. HA misalnya. Ia mengaku  beraksi di lokasi parkiran di wilayah Batuaji.
Ia sudah berhasil menggondol dua motor yakni Yamaha Vixion dan Honda matik. Menurutnya, mencuri motor tak butuh waktu lama, tak sampai 5 menit. Begitu pula untuk menjual motor curian tersebut. Rata-rata, pelaku curanmor sudah punya penadah motor hasil curian.
“Saya jual ke penadah, Rp900 ribu,” katanya.
HA mengaku selalu membawa kunci T, agar bisa kapan saja menjalankan aksinya. Namun, ia tetap melihat ssituasi.Meski aada motor yang ingin dicuri dan dirasanya mudah dibawa, tapi situasi tak memungkinkan, maka ia akan mencari motor lain.
Berdasar pengakuan para pelaku, Kapolres Hengky mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan mengunci motornya dengan sistem kunci ganda selama di parkiran.
“Jangan parkir sembarangan. Kalau parkir, pastikan di lokasi yang aman, dan pakai kunci ganda,” katanya.
Reporter : Fathurrohman
Editor : Yuri B Trisna

Baca Juga :   Milenial di Batam Diminta Kembangkan Kerajinan dan Kesenian Daerah