pelantar.id – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang bersama AJI Indonesia menggelar Uji Komptensi Jurnalis (UKJ) di Hotel Comfort, Tanjungpinang, Sabtu (21/12). UKJ itu akan diikuti 22 peserta utusan dari sejumlah media di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Melalui pelaksanaan UKJ ini, diharapkan kualitas jurnalis di Indonesia khususnya di Kepri ini semakin baik. Uji ini akan menentukan apakah seorang jurnalis kompeten atau tidak untuk menjalankan tugas jurnalistik,” kata Sekretaris AJI Tanjungpinang, Sutana dalam siaran pers-nya, Jumat (21/12/18).

Sutana mengatakan, selain untuk menguji mutu dan kompetensi para jurnalis, UKJ ini juga bisa dimanfaatkan sebagai wadah diskusi tentang profesionalisme jurnalis dan penegakan etika jurnalistik di Indonesia, khususnya di wilayah Kepri.

Baca Juga :   Peneliti Temukan Kecoak Laut Raksasa di Selat Sunda

Penyelenggaraan UKJ mengikuti standar Dewan Pers yang disesuaikan dengan visi dan misi serta nilai-nilai yang diperjuangkan AJI sebagai organisasi profesi jurnalis.

“Kami percaya bahwa peserta, secara pribadi, akan memperoleh manfaat besar dari UKJ ini dan sebesar-besarnya demi kepentingan publik untuk memperoleh informasi-informasi yang tepat,” ujarnya.

Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani (kanan)
dan Sekretaris, Sutana

Sutana mengatakan, peserta UKJ akan diuji sejumlah materi penting di antaranya, profesionalisme, etika, komunikasi massa, perkembangan pers nasional dan media global serta hukum media massa. Selain itu peserta juga diuji soal prinsip jurnalistik, unsur berita, nilai-nilai dan jenis berita, bahasa jurnalistik serta pembedaan fakta dan opini.

“AJI adalah organisasi jurnalis yang selalu memegang teguh prinsip independen. Bahkan penguji adalah senior-senior AJI yang sudah tidak diraguka lagi integritasnya sebagai seorang penguji maupun jurnalis senior,” kata dia.

Baca Juga :   Reaksi Gubernur Kepri Terkait Pulau Tambelan yang Dilelang di Media Sosial

Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan mengatakan, UKJ di Tanjungpinang bukanlah yang terakhir di tahun 2018 ini. AJI Indonesia sudah merencanakan akan menggelar UKJ Penutup 2018 di Sekretaris AJI Indonesia, Jakarta pada 29-30 Desember 2018.

“Pada UKJ penutup itu nanti, ditargetkan ada 30 peserta dari berbagai jenjang mulai Muda, Madya, dan Utama. Kita membuka kesempatan bagi setiap anggota AJI se-Indonesia untuk ikut UKJ penutup tahun ini,” ujar Manan.

*****

Yuri B Trisna