pelantar.id – Pekan olahraga Provinsi Kepulauan Riau (Porprov Kepri) VI di Tanjungpinang siap digelar pada 25 November sampai 1 Desember 2018. Sedikitnya 27 pengurus cabang olahraga (cabor) di Kepri sudah menyatakan kesiapannya meramaikan dan menyukseskan setiap pertandingan yang dihelat dalam pesta olahraga tersebut.

Ketua Panitia Besar Porprov IV Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepri, Nur Syafriadi mengatakan, kesiapan 27 pengurus tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi dan silaturahmi antara panitia dengan pengurus KONI dan pengurus cabor se-Kepri di Hotel Best Western Premier Panbil, Batam, Jumat (26/10). “Dalam rapat tadi sudah dibahas tentang kesiapan semua pihak. Mulai dari tuan rumah, pengurus KONI dan para peserta. Jadi, kalau ada masalah atau hambatan, dapat segera dicarikan solusinya,” kata Nur usai rapat tersebut.

Adapun soal dana, Nur mengatakan, bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri sebesar Rp2 miliar, diperkirakan akan dicairkan pekan depan. Jika dana itu sudah cair, akan segera didistribusikan kepada para pengurus cabor yang ikut Porprov Kepri 2018.

“Memang, ada beberapa pos pengeluaran bagi tuan rumah yang tidak bisa kami tanggulangi, karena anggaran kami juga terbatas. Seperti pos untuk biaya keamanan dan kesehatan,” ujarnya.

Nur memastikan, seluruh tahapan agenda pelaksanaan Porprov 2018 sudah disiapkan, mulai Dia malam pembukaan, penutupan, gala dinner, maupun pengambilan api abadi. Ia berharap setiap tahapan berjalan sesuai jadwal yang sudah disepakati bersama.

Baca Juga : 

Porprov Kepri, KONI Gaet Sponsor Atasi Kekurangan Anggaran

Di tempat yang sama, Ketua Umum KONI Kepri, Johanes Kennedy merasa optimistis Porprov Kepri VI akan terlaksana sesuai rencana, meski dengan kondisi anggaran terbatas.

“Saya ingat bagaimana kondisi keuangan kita saat PON 2016 di Jawa Barat. Walau terbatas, tapi Kepri tetap mampu mencapai prestasi terbaik. Harapan kami, Porprov tahun ini juga begitu, bisa menghasilkan prestasi terbaik,” katanya.

Johanes mengapresiasi peserta dan pengurus cabor yang tetap berkomitmen berpartisipasi dalam.pesta olahraga Kepri tahun ini. Ia berjanji KONI Kepri akan bekerja keras dan berupaya memberi pelayanan terbaik kepada seluruh peserta selama mengikuti Porprov VI di Tanjungpinang.

Ketua KONI Kepri, Johanes Kenedy (kiri) dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun berbincang di Best Western Hotel, Batam, beberapa waktu lalu.
Foto : Humas Pemprov Kepri

Dalam rapat koordinasi sebelumnya, disepakati oleh para pengurus cabor untuk menentukan sendiri venue pertandingan walaupun dana penyelenggaraan yang disediakan PB Porprov IV-KONI Provinsi Kepri sebesar Rp50 juta per cabor. Untuk biaya akomodasi, transportasi, dan konsumsi diserahkan pengadaannya kepada peserta kabupaten/kota.

Pada Porprov-Porprov sebelumnya, transportasi atlet disediakan oleh panitia pelaksana, sehingga mobilisasi atlet menuju lokasi pertandingan menjadi lebih terkoordinir. Tahun ini, karena harus disediakan sendiri, maka tanggung jawab masing-masing daerah untuk memobilisasi atlet ke lokasi pertandingan.

Ketua KONI Batam, Iskandar Alamsyah menegaskan, pihaknya siap.mengirimkan 500 orang atletnya untuk mengikuti Porprov IV di Tanjungpinang. Hal senada juga disampaikan Ketua KONI Kabupaten Karimun, Jon Erdison, Ketua KONI Kabupaten Karimun. “Kami siap memberangkatkan 480 atlet ke Tanjungpinang, semoga Porprov ini sukses dan semua bisa memberikan prestasi yang terbaik,” ujarnya.

 

 

Reporter : Fathurrohim
Editor : Yuri B Trisna