Pelantar.id – Memasuki tahun 2022 ada tiga event pariwisata yang akan digelar di Kota Batam. Event tersebut diselenggarakan oleh Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kepulauan Riau.

Ketiga kegiatan yang akan digelar pada 21-22 Januari 2022 mendatang yakni:

  1. Scout Glamping Tent
  2. Fun Bike
  3. Jungle Trekking.

Ketua Panitia Green Camp Asppi, Endra, mengatakan, kegiatan green camp ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan generasi muda dalam hal kegiatan yang berorientasi pada alam dan kepariwisataan.

Serta meningkatkan daya kreatifitas inovasi, dan membentuk kepribadian para generasi muda, serta sebagai bentuk kampanye kebangkitan dan pemulihan sektor pariwisata.

“Peserta membawa tenda, peserta boleh bawa kasur, selimut. Untuk meningkatkan kreatifitas boleh pakai lampu hias,” katanya, Rabu (5/1/2022).

Tak sekedar mempunyai tenda kemah yang menarik, kemah tersebut akan dinilai dilihat dari keamanan, kebersihan, dan kenyamanannya.

Baca Juga :   Daftar 6 Kecamatan di Batam yang Kembali Masuk Zona Merah

Kegiatan ini juga diwarnai dengan pelatihan kepariwisataan. Ia menargetkan 100 tenda yang diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Satu timnya berisi tiga orang,” sebutnya.

Ketua DPD ASPPI Kepri, Justitia Primadonna, menjelaskan, Green Camp ini akan menjadi agenda tahunan dan direncanakan diselenggarakan secara nasional dan internasional.

“Kita ingin mengenalkan masyarakat dengan pola wisata yang dekat dengan alam,” katanya.

Kemudian untuk funbike, peserta akan menempuh jarak 10 kilometer dengan menelusuri sejumlah destinasi wisata di Kota Batam. Seperti Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Kebun Jambu Marina. Ia menargetkan, kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta.

“Bagi yang mendaftar funbike free mengikuti jungle trekking,” ucap Donna.

Baca Juga :   Kantor Bupati Bintan Terbakar, Satu Ruangan Pejabat Gosong

Sepanjang tahun 2022 ini, pihaknya akan menggelar kegiatan kepariwisataan untuk menggairahkan pariwisata.

Green Camp ini kegiatan pertama kali digelar oleh ASPPI,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ini sangat menarik untuk membangkitkan pariwisata di awal tahun 2022 ini.

“Kegiatan awal tahun 2022 yang bagus,” katanya.

Ia menyampaikan, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, telah mengembangkan infrastruktur dan memperindah Kota Batam dalam konsep pariwisata.

Kota Batam juga memiliki amenitas yang lengkap. Seperti adanya hotel, resort, rumah sakit dan pelabuhan internasional. Kemudian Batam juga mempunyai ragam event budaya dan pariwisata.

“Kita butuh event menarik, seperti yang akan digelar oleh Asppi. Setelah ini bikin lagi event kepariwisataan yang lain yang lebih keren,” ujarnya.