pelantar.id – Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menggembleng 30 kadernya yang menjadi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pada Pemilu 2019 di Gedung Nasional, Tanjungbalai Karimun, Selasa (18/9). Puluhan bacaleg itu diberi bekal materi tentang pemilu selama dua hari yang disampaikan pemateri dari Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPP PKB, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu Karimun.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Karimun, Nyimas Novi Ujiani mengatakan, pembekalan tersebut untuk memperkuat barisan kader partai dalam menghadapi Pileg 2019.

“Banyak sekali rambu-rambu dari KPU maupun Bawaslu yang perlu diketahui oleh masing-masing bakal caleg. Kegiatan ini sangat perlu bagi kami untuk menghadapi pemilu nanti,” katanya.

Baca Juga :   Penyatuan Dualisme Batam Tunggu Pemilu Selesai

Novi berharap, para caleg PKB di Karimun bisa bekerja total saat pemilu berlangsung. Setiap caleg juga diminta tidak merasa hanya menjadi ban serep partai selama pesta demokrasi berjalan, agar target partai meraih 5 kursi untuk DPRD Karimun tercapai.

“Atau minimal setiap dapil ada satu kursi. Sehingga minimal dapat empat kursi di DPRD Karimun,” katanya.

Ketua DPC PKB Karimun, Nyimas Novi Ujiani menyampaikan sambutan di acara pembekalan bacaleg di Gedung Nasional, Tanjungbalai Karimun, Selasa (18/9).
Foto : PELANTAR/Abdul Gani

Selain 30 bacaleg, pembekalan itu juga diikuti 24 kader maupun pengurus partai mulai tingkat kecamatan hingga kabupaten. Novi optimistis partainya bisa meraih suara maksimal pada pemilu nanti.

Baca Juga :   Pemko Batam Ajak Pelaku Usaha Dukung Pembangunan Batam

Menurutnya, pembekalan yang digelar tersebut penting dilakukan sebagai persiapan seluruh kader PKB untuk menghadapi setiap tahapan pemilu, mulai masa sosialisasi, kampanye, pencoblosan Hinga penghitungan suara. Dengan waktu pelaksanaan pemilu yang semakin dekat, PKB Karimun akan melakukan konsolidasi minimal satu bulan sekali, sampai tiba masa pemungutan suara.

“Kami optimistis masing-masing dapil dapat mampu merebut dua kursi. Bercita-cita kan boleh. Apalagi kami belum dapat kursi di dapil II (Moro-Durai), minimal harus bisa dapat satu kursi. Kalau di dapil I, III dan IV itu harus dipertahankan dan diupayakan masing-masing dapat dua kursi,” kata dia.

Ketua DPW PKB Provinsi Kepulauan Riau, Abdul Basith Has mengatakan, penggemblengan untuk bacaleg dan pengurus itu diharapkan pula bisa memotivasi seluruh kader dan simpatisan partai untuk memenangkan pertarungan di Pemilu 2019.

Baca Juga :   Pedagang di Nagoya Keluhkan Rambu Larangan Parkir

“Kita berharap minimal di Karimun ini dapat empat kursi, kalau bisa ya sebanyak-banyaknya,” katanya saat membuka kegiatan pembekalan tersebut.

Abdul Basith Has menegaskan, seluruh bacaleg yang didaftarkan PKB berperan sama penting untuk memenangkan partai. Para bacaleg juga harus berkompetisi, berjuang sungguh-sungguh untuk diri mereka dan partai. Selamat bacaleg punya peluang yang sama untuk menjadi anggota Dewan.

“Jangan dilihat berdasar nomor urutnya. Jangan pula takut dengan bacaleg yang sedang menjabat sebagai anggota DPRD, belum tentu mereka pasti terpilih lagi. Kuncinya, mau kerja keras dan bersungguh-sungguh berbuat yang terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Reporter : Abdul Gani
Editor : Yuri B Trisna