pelantar.id – Sampai hari keempat pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Pemerintah Kota Batam, 650 peserta sudah menjalani tes Computer Assisted Test (CAT). Dari ratusan peserta itu, 43 orang dinyatakan lulus.

Pantauan di lokasi ujian, Gedung Bersama Bersama Pemko Batam, Senin (29/10), ratusan peserta tampak serius mengikuti ujian dengan sistem CAT tersebut. Sesuai jadwal, ujian kompetensi dasar ini akan dilangsungkan hingga 17 November 2018. Setiap harinya, ujian dibagi menjadi lima sesi.

Dalam setiap sesi ujian, terdapat 50 peserta, dan tiap peserta diberikan waktu 90 menit untuk mengerjakan soal-soal yang disiapkan panitia.

Peserta ujian CPNS melihat hasil tes CAT di Gedung Bersama Pemko Batam, Batam Center, Senin (29/10).
Foto : PELANTAR/Fathurrohim

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, Muhammad Syahir mengatakan, berkaca pada tes CPNS tahun 2013 silam, pihaknya membagi dua tim panitia untuk pendaftaran di lantai dasar sebelum akhirnya peserta mengikuti ujian di lantai 5.

“Hal itu dilakukan guna menghindari penumpukkan peserta di satu tempat. Alhamdulillah, sejauh ini tes CPNS berjalan lancar,” kata dia.

Baca Juga : 

Ujian CPNS Pemko Batam, Ini Jadwal dan Syaratnya

Hingga hari keempat pelaksanaan ujian 43 peserta dinyatakan lulus. Pada hari pertama ujian, tercatat 4 peserta yang lulus tes.

“Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus itu langsung keluar setelah mereka menyelesaikan materi yang diujikan. Selain itu, karena menggunakan sistem skor, maka hasilnya pun langsung bisa dilihat di layar komputer masing-masing peserta,” jelasnya.

Menurut Syahrir, banyaknya peserta yang tak lulus lantaran mereka merasa soal-soal yang diujikan terlalu berat. Padahal menurut Badan Kepegawaian Negara soal-soal yang diujikan sudah ideal untuk lulusan sarjana dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.

 

Reporter : Fathurrohim
Editor : Yuri B Trisna