Pelantar.id – Panasonic mengumumkan sedang dalam pengembangan produk kamera Full Frame Mirrorless pertamanya yaitu Lumix S Series pada event Photokina 25 September 2018.

Lumix S series adalah tabuhan genderang perang dari Panasonic. Sebagai pertanda Panasonic siap masuk ke ajang pertempuran kamera Full Frame Mirrorless.

Mirrorless selama ini di kuasai oleh Sony dengan Seri A7-nya, dan baru baru ini di ramaikan pula oleh Nikon dan Canon.

Panasonic sudah terkenal dengan jajaran kamera MFT – Micro Four Third, yaitu seri DMC-GH yang di kembang kan khusus untuk pengambilan video.

Panasonic Lumix S series akan muncul dengan dua kamera baru dengan tipe yang berbeda yaitu Lumix S1 dan Lumix S1R. Panasonic juga mengklaim akan mengeluarkan lebih dari sepuluh lensa baru khusus untuk S series secara bertahap hingga tahu 2020.

Baca Juga :   Nametag, Fitur Baru Instagram untuk Tambah Teman

Spesifikasi Lumix S1R dan S1

Lumix S1R dengan kerapatan 47 megapixel dan Lumix S1 dengan kerapatan 24 megapixel di rencanakan mulai di jual pada tahun 2019.

Kedua kamera ini berkemampuan rekam gambar video 4K di 60p/50p. Kualitas video pertama untuk jajaran kamera kelas ini. Ditambah kemampuan Dual IS (Dual Image Stabilizer).

Dua Image Stabilizer tersebut satu secara internal di lensa dan satu lagi tertanam di body kamera. Dual IS bekerja menghasilkan gambar yang minim guncangan.

Kelebihan lainnya adalah dual slot memory untuk XQD memory dan SD memory card. Bersamaan dengan ini Panasonic juga akan merilis tiga Lensa Lumix S, L- Mount series di antaranya 50mm f/1.4 prime lens, 24 -105mm standard zoom lens, dan 70-200mm telephoto zoom lens.

Baca Juga :   Google Earth Tangkap Pangkalan Rahasia Militer Taiwan

Persekutuan tiga perusahaan

Panasonic menggandeng dua perusahaan besar untuk pengembangan Lumix S series ini yaitu Leica dan Sigma. Khususnya pada mounting lensa yang memungkinkan lensa-lensa Leica, Sigma dan Panasonic bisa ditancapkan di Lumix S series, sehingga pemakai memiliki lebih banyak pilihan dalam memilih jenis lensa.

Panasonic Lumix S1R dan S1 baru akan di rilis ke seluruh dunia pada tahun 2019 dengan tanggal dan bulan yang belum dipastikan oleh pihak Panasonic.

sumber: teknomata.id