pelantar.id – Tahun 2018 sudah berganti. Saatnya memulai tahun 2019 dengan semangat yang lebih baik.

Setiap orang memiliki impian untuk punya bisnis sampingan. Namun, tak sedikit pula yang merasa impian itu sulit diwujudkan karena tak punya modal  uang yang cukup.

Masalah modal inilah yang sering membuat orang menyerah, bahkan saat masih di awal membangun bisnis. Padahal, sebenarnya dengan modal yang kecil saja, kamu sudah bisa memulai usahanya.

Memang pahit awalnya. Tapi, kalau tak dicoba kamu tak akan tahu hasilnya. Berikut adalah 5 ide bisnis sampingan yang bisa kamu geluti dengan modal minim di tahun ini:

1. Parsel dan buket bunga

Menyediakan hadiah yang spesial untuk orang terkasih di hari bahagia tentunya adalah hal yang wajib. Nah, daripada sibuk mencari ide dan tempat membelinya, lebih baik kamu buat sendiri. Jika hasilnya ternyata bagus, kamu bisa memulai usaha membuat parsel hadiah ataupun buket bunga.

Baca Juga :   5 Risiko Berbahaya Pengidap Gangguan Kesehatan Mental

Mulailah dari lingkungan pertemanan lebih dulu. Beritahu mereka bahwa kamu menerima pesanan parsel dan buket bunga untuk berbagai acara, seperti hari raya, kelulusan, ulang tahun, dan masih banyak lagi

2. Katering makanan

Sejak dulu, bisnis makanan memang tak ada matinya. Namun, meski tak ada matinya bukan berarti bisnis ini bisa selalu memberi keuntungan.

Ada banyak bisnis makanan yang sepi karena tidak direncanakan dengan baik. Selain itu, risikonya juga banyak. Salah satunya adalah banyaknya kompetitor yang harus kamu hadapi.

Oleh sebab itulah, ketika memulai bisnis makanan seperti bisnis katering ini, kamu harus kreatif. Kamu harus pintar melihat peluang dan hal yang booming saat ini.

Baca Juga :   Delapan Tahun di Indonesia, Hari Ini Nikon Pamit!

Misalnya saja membuat katering khusus makanan sehat dengan konsep organik, makanan diet, atau bahkan makanan vegetarian.

3. Kue dan snack ringan

Ilustrasi bisnis kue

Jika menurut kamu bisnis katering terlalu merepotkan, maka tak ada salahnya kamu memilih bisnis camilan dan kue saja karena bisnis ini pekerjaannya lebih ringan. Apalagi, risiko makanan tak habis karena tak laku juga bisa ditekan. Soalnya, kue dan snack memiliki daya tahan yang lebih bagus.

Selain itu, kamu juga tak perlu memproduksinya setiap hari. Cukup dua hingga tiga hari sekali saja sudah cukup.

Kalau kamu tak punya waktu untuk membuat sendiri, kenapa tidak coba jadi reseller saja? Ini juga cukup menguntungkan. Namun, baiknya kamu pilih camilan yang kekinian dan disukai target pasarmu.

4. Pakaian

Siapa bilang bisnis pakaian perlu modal besar? Tidak juga. Dengan model hanya dua jutaan rupiah, kamu bisa membuka  online shop dan menjual berbagai jenis barang dan item fesyen yang menarik.

Baca Juga :   Karimun Jajaki Penerapan Sistem Kantor Elektronik

Tak perlu khawatir memulainya. Kamu bisa mulai dari lingkungan pertemanan. Tak perlu bingung juga cari supplier, ada banyak supplierbagus yang bisa ditemukan, kok!

5. Jual barang pre-loved

Menjual barang pre-loved? Itu juga bisa jadi ide yang baik. Bisnis ini tak pernah sepi peminat karena banyak yang mencarinya.

Barang asli branded cukup mahal. Kamu bisa menjualnya lagi dengan membeli dari orang yang sudah bosan atau tak butuh. Selain itu, kamu juga bisa jual buku bekas, barang antik atau limited edition dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa ide yang bisa kamu coba lakukan dengan modal hanya minim. Yang penting adalah, kamu punya kemauan dan disiplin, konsisten dengan apa yang sudah kamu mulai.

*****

Sumber : Liputan6.com