pelantar.id – Setiap orang tentu ingin memiliki bisnis sampingan. Apapun jenis usahanya, apakah skala kecil atau besar, kita tetaplah menjadi bos.

Semua kendali bisnis ada di tangan kita sendiri. Kita bisa menjalaninya tanpa harus melapor setiap saat ke atasan.

Tapi, bisnis apa yang sebaiknya dijalani? Hal ini yang sering menjadi pertanyaan. Apalagi jika modal di kantong tidak memadai.

Sebagai pemula, sebaiknya kamu tidak memilih bisnis yang besar. Di era serba digital seperti sekarang, kamu tak perlu buka toko untuk memulai sebuah usaha yang menjanjikan.

Kalau sifatnya sampingan, cukup sesuaikan dengan minat dan hobi, seperti membuat kue. Kemudian lanjutkan dengan menerima pesanan dari mulut ke mulut atau preorder secara online.

Sebagai anak muda yang melek teknologi, kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi mulai sekarang. Berikut 5 bisnis sampingan minim modal yang patut dicoba:

Dropshipper Tas Branded

Menjadi reseller khususnya yang menjual tas branded, termasuk salah satu bisnis yang minim modal. Kamu hanya perlu mencari distributor terpercaya saja, lalu mulai berjualan secara online ataupun menawarkanya ke teman-teman kantor.

Kenapa harus tas branded? Untung yang diambil bisa lebih besar dari tas biasa. Biasanya distributor punya harga khusus untuk dropshipper alias terjangkau.

Tas sekelas Fossil, misalnya, calon pembeli pasti tak akan keberatan jika tas yang mereka inginkan dibanderol dengan nilai hampir Rp2 juta atau lebih. Selama masih sesuai dengan harga di pasaran.

Baca Juga :   Dark Waters Movie, Kisah Investigatif yang Berawal dari Teflon yang Membunuh

Bisnis dropshipper tas brandedsekilas memang identik dengan kaum hawa. Namun tidak menutup kemungkinan, para lelaki juga bisa ikut mencoba peluang ini.

Wedding Organizer

Ingin punya wedding organizer tapi modal minim? Tenang, impian kamu masih bisa terwujud, kok.

Pada dasarnya, modal utama pemilik wedding organizer kecil-kecilan adalah handy talkie alias HT. Perangkat ini untuk komunikasi antar anggota tim, untuk mengawasi jalannya acara dari awal hingga selesai.

Selebihnya, kamu tinggal merekrut teman-teman yang mau diajak kerja sama saja. Pastikan mereka semua kompeten dalam pekerjaan ini.

Jika perlu, ajak salah satu yang pandai mendesain grafis untuk kebutuhan cetak buku rundown acara.

Ilustrasi, bisnis jasa penitipan

Jasa Titip

Menariknya, bisnis minim modal ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Jasa titip alias jastip mulai marak di akhir 2016 lalu.

Bisnis ini tak membutuhkan modal apa pun, kecuali transportasi ke tempat tujuanmu membeli barang yang dititip. Misalnya, jasa titip kue kekinian di mall atau perlengkapan bayi pada event seperti Mom and Baby Fair.

Untuk satu item, biasanya para pelaku bisnis jasa ini akan memberi charge minimal Rp20 ribu. Kalau rutin melakukan jastip, kalikan saja biaya tadi dengan jumlah item, katakanlah 10 pcs. Sehari, kamu sudah bisa mendapat Rp200 ribu. Kalau semingu berarti Rp1,2 juta

Ilustrasi, blogger juga bisa menjadi bisnis sampingan yang potensial. (Foto:net)

Blogger

Baca Juga :   11 Ribu Lowongan Kerja Dibuka BUMN di Program Rekrutmen Bersama 2019

Jago menulis? Gunakan kesempatan tersebut dengan menjadi blogger.

Meski di permulaan, kamu harus berusaha ekstra untuk membangun blog tersebut. Kalau blog milikmu sudah terkenal dan dikunjungi banyak orang, uang yang didapat bisa mencapai jutaan rupiah.

Sumber penghasilan para blogger umumnya adalah berasal dari iklan yang dipasang di blog, baik itu dengan cara memasang banner atau memasukkannya ke dalam postingan atau artikel.

Di samping itu, kamu juga berkesempatan untuk diundang ke banyak event bergensi. Compliment seperti ini tentu sangat menguntungkan, sekaligus menambah channel untuk kesempatan berkarir yang lebih luas

Ilustrasi, bisnis sampingan penyewaan kota seserahan. (Foto:net)

Penyewaan Kotak Seserahan

Bisnis sampingan ini cukup unik. Mungkin belum juga yang banyak menekuninya.

Tanpa disadari, kotak seseharahan amat dibutuhkan oleh pasangan yang akan menikah. Jika membelinya hanya akan membuat kotak tadi menjadi tak terpakai, mengapa tidak menyewanya saja?

Nah, pemikiran tersebut bisa menjadi peluang bagimu. Buat beberapa set model kotak seserahan, cari tahu harga rental yang sesuai per kotaknya, lalu mulai sewakan.

Bagaimana, tertarik membangun bisnis sampingan dengan 5 contoh di atas? Tentu saja, masih banyak jenis-jenis bisnis lain yang bisa dijadikan bisnis sampingan.

Yang penting diingat adalah, kamu mau berusaha dan senang menjalankannya. Bisnis sampingan bukan berarti kamu bisa menjalankannya dengan asal-asalan. Tetap dibutuhkan keuletan dan ketelitian, serta semangat yang tak gampang putus asa.

Sumber : Dream.co.id