Ilustrasi ide bisnis

pelantar.id – Banyak ide bisnis yang dapat mengantarkan seseorang menjadi sukses. Bisnis yang berhasil pun tak terbatas pada bisnis yang mainstream seperti kuliner, properti, transportasi atau jasa digital.

Sesungguhnya, cara untuk meraih uang  bisa datang dari bisnis apa saja. Bahkan dari ide yang paling aneh sekalipun.

Tak sedikit pebisnis sukses yang mengawali usahanya dengan ide-ide unik dan cenderung dianggap aneh. Berikut lima bisnis unik dan aneh yang menuai sukses besar, sebagaimana dilansir dari laman Money Crashers:

1. Jasa penyewaan ayam

Ingin mencoba jadi peternak namun bingung akan langkah awalnya? Rent-A-Chicken akan menyediakan paket berternak ayam selama musim panas seharga USD 250 saja, atau sekitar Rp 3,5 juta (Kurs 1 Dolar = Rp 14,211).

Dengan paket ini, Anda bisa merasakan sensasi beternak ayam, cocok untuk yang ingin berbisnis peternakan namun belum yakin akan berhasil atau tidak. Uang yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak.

Tidak hanya pelajaran beternak, Anda juga bisa menjadikan ‘latihan’ beternak ini sebagai hiburan musim panas.

Ilustrasi bisnis penyewaan ayam

2. Jasa membantu orang yang mabuk

Di negara kita, mabuk bukan tradisi yang dianggap wajar. Namun di Colorado, hal ini dianggap sebagai gaya hidup. Orang-orang biasanya mengadakan pesta hingga mabuk dan membiarkan tempat tinggal kotor dan tak terurus. Peluang inilah yang diambil oleh dua orang mahasiswa asal Boulder, Colorado.

Baca Juga :   5 Risiko Berbahaya Pengidap Gangguan Kesehatan Mental

Mereka memahami, orang mabuk sulit bangun dan kembali ke kehidupan normal dengan cepat. Mereka akan datang ke rumah dengan membuatkan burrito (semacam sarapan khas Meksiko) dan Gatorade (minuman energi).

Kemudian, dilanjut dengan membersihkan rumah bekas pesta termasuk mencuci piring, panci dan mendaur ulang botol-botol bir bekas.

Sepele? Ya, tapi ide bisnis ini ternyata sukses dan dua orang mahasiswa ini sudah diundang Forbes Magazine, CS serta di talkshow Regis and Kelly. Ide bisnis unik ini dianggap menginspirasi mahasiswa untuk bekerja paruh waktu menghasilkan uang.

3. Menjual barang khusus untuk dibanting

Kadang saat kesal dan marah, beberapa orang ingin membanting barang untuk meredakan stressnya. Tapi, tidak mungkin menghancurkan barang-barang rumah yang bernilai, bukan?

Tidak usah khawatir karena di Tokyo, ada tempat yang menjual barang-barang khusus untuk dibanting. Mereka bisa membeli piring, cangkir atau apapun dan melemparkannya di dinding. Mereka bisa mengeluarkan sumpah serapah, menginjak apapun dan melakukan segalanya untuk menghilangkan amarah mereka.

Ilustrasi gelas pecah

4. Alat pembasmi serangga di hotel

Anda mungkin pernah menginap di hotel dan terkena tungau atau serangga menggangu lainnya. Tony Abrams melihat hal ini sebagai peluang bisnis dengan menyediakan peralatan pembasmi tungau dan serangga.

Baca Juga :   Atlet Sepeda Karimun Perkasa di Porprov Kepri

Tidak hanya mesin, Abrams juga menyediakan sprei anti tungau dan perlengkapan lainnya. Perlengkapan ini akan mencegah serangga merayap ke kasur.

Mungkin Anda mengganggap ide ini konyol, karena siapa yang akan membuang uang membeli alat ini. Namun bisnis ini ternyata sukses di pasaran.

5. Marketplace jual beli cincin pertunangan

Ide bisnis ini berawal dari kisah Josh Opperman yang ditinggal tunangannya hanya dalam waktu 3 bulan, padahal dia sudah bekerja keras mengumpulkan uang untuk membeli cincin pertunangan.

Mengejutkannya ketika dia menjual cincin itu ke penjual cincin, mereka hanya menghargai USD 3.500 atau sekitar Rp 49,7 juta padahal Opperman membelinya seharga USD 10 ribu atau sekitar Rp 142 juta (Kurs 1 Dolar = Rp14.215).

Bisnis I Do, Now I Don’t ini berbasis web, dimana para penjual yang mungkin mengalami nasib sama, ingin menjual cincin mereka dengan harga yang masuk akal. Tidak hanya cincin pertunangan, cincin apapun yang berharga bisa djual dan dibeli di marketplace ini.

Bisnis ini menuai kesuksesan dan Opperman diundang ke CNN, The Today Show, Fox News dan The New York Times.

*****

Sumber : Liputan6.com