Pelantar.id – Layanan email yang paling umum digunakan adalah Gmail. Sejak muncul pada tahun 2012 Gmail berhasil menggantikan layanan email sebelumnya Hotmail.

Tahun ke tahun Gmail semakin populer apalagi sejak saingannya Yahoo mail mangkir karena bangkrut. Menurut Statista pengguna aktif Gmail menembus angka 1.5 miliar pada tahun 2018.

Sebenarnya selain Gmail, masih banyak jasa penyedia email yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif. Apalagi Gmail pernah diterpa isu pelanggaran privasi dan keamanan.

Berikut 5 Jasa Penyedia Email selain Gmail

1. Microsoft Outlook

Layanan ini tersedia untuk pengguna Windows. Microsoft Outlook memiliki keunggulan dapat bekerja dengan baik ketika terintegrasi dengan OneDrive, OneNote, Office Online, dan aplikasi Windows lainnya.

Layanan ini juga dapat diakses melalui desktop email tanpa harus membuka browser. Dengan 450 juta pengguna di tahun 2016, Outlook menjadi layanan email populer kedua setelah Gmail.

Baca Juga :   Terlanjur Beli HP BM, agar Tidak Terblokir Ikuti Aturan Imei Berikut

2. iCloud Mail

iCloud Mail cocok untuk pengguna Apple. Kelebihan layanan ini adalah bebas dari iklan yang mengganggu sehingga kamu bisa mengaksesnya tanpa hambatan. iCloud Mail menyediakan memori sebesar 5 GB untuk file yang perlu kamu simpan di sana. Selain itu, desainnya yang menarik menuai pujian dari para pengguna.

3. Zoho Mail

Zoho Mail termasuk layanan email paling baru, ia mulai beroperasi pada Oktober 2008. Namun hanya dalam kurun waktu sembilan tahun, Zoho telah memiliki lebih dari 10 juta pengguna aktif.

Walaupun teknologinya belum secanggih Gmail, Zoho Mail menyediakan berbagai fitur berupa folder, filter pesan, dan pengorganisasian kotak masuk yang baik.

Layanan ini juga terintegrasi dengan Zoho Docs, alternatif dari Microsoft Office untuk membuat berbagai macam file dokumen.

Baca Juga :   Pengelola Kaveling di Batam Curi Listrik PLN, Pungut Rp250 Ribu per Bulan

4. AOL Mail

AOL Mail adalah beroperasi sejak tahun 1993. Keunggulan adalah pengguna akan mendapatkan kapasitas memori yang unlimited atau tanpa batas.

Pengguna dapat mengganti domain email dengan berbagai pilihan yang ada, seperti @love.com, @games.com, @wow.com, dan @ygm.com.

Fitur lain yang ditawarkannya adalah AOL Instant Messenger (AIM), event reminder, to-do list, dan kategorisasi folder.

5. ProtonMail

Layanan email ini dikenal sebagai email yang aman. ProtonMail dilirik karena fitur-fitur enkripsinya. Mengutamakan fitur-fitur keamanan.

Client-side encryption akan melindungi pesan pengguna bahkan sebelum terkirim ke server perusahaan. Jadi, developer tidak akan mengetahui isi pesan tersebut.

ProtonMail adalah perusahaan yang berbasis di Swiss dan baru beroperasi pada tahun 2014. Perusahaan ini didukung oleh Switzerland’s Federal Data Protection Act dan Federal Data Protection Ordinance.

 

idntimes