pelantar.id – Sebanyak 737 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menerima penghargaan dari pemerintah. Rinciannya, 663 PNS menerima tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya dan 73 lainnya mendapat penghargaan Purna Bhakti.

Penghargaan sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas pengabdian PNS tersebut diserahkan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (13/8). Nurdin menegaskan, pemberian penghargaan ini harus dijadikan momen untuk para aparatur meningkatkan kinerja.

“Ayo kita tampilkan kinerja yang maksimal untuk keberhasilan pembangunan. Penghargaan ini jangan dianggap semata-mata hanya seremoni, tapi dampak yang dihasilkan harus berbuah positif,” katanya.

Nurdin mengatakan, penghargaan yang diberikan merupakan keseriusan pemerintah untuk mewujudkan good governance dan menciptakan aparatur yang berkualitas sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :   Toyota Fortuner Club Kepri Lakukan Sterilisasi Covid-19 di 100 Rumah Ibadah¬†

“Dengan penghargaan ini juga menjadikan motivasi untuk para aparatur ke depan menampilkan kinerja yang baik, mari bersama kita wujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, efektif dan efisien,” ujarnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor: 35/TK/2018, penghargaan Satya Lencana Karya Satya Tahun 2018 diserahkan kepada 664 orang PNS yang sudah mengabdi selama 30, 20 dan 10 tahun masa kerja. Rinciannya, PNS yang telah mengabdi selama 30 tahun sebanyak 78 orang, mengabdi 20 tahun sebanyak 114 orang dan mengabdi 10 tahun sebanyak 472 orang.

Nurdin mengingatkan para PNS menjadikan penganugerahan ini sebagai pelecut semangat untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat. Salah satunya adalah dengan menunjukkan kinerja yang baik, agar dapat berpartisipasi mempercepat pembangunan di daerah.

Baca Juga :   Seorang Warga Singapura Dipenjara karena Posting Status Covid-19

Saat ini, Pemerintah Kepri terus berupaya menciptakan terobosan-terobosan baru yang diharapkan dapat meningkatkan pembangunan daerah.

Sementara itu, penghargaan Purna Bhakti Tahun 2018 diberikan kepada 73 pensiunan PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri. Nurdin mengatakan, penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas pengabdian para PNS yang memasuki masa pensiun.

“Ini sebagai bagian dari rasa terima kasih kami atas pengabdian bapak dan ibu selama ini. Bapak-bapak ibu-ibu telah meluangkan tak hanya pikiran, tapi juga tenaga dan waktunya dalam menjalankan tugasnya dalam melayani masyarakat Kepri,” ujar Nurdin.

Nurdin berharap, meski tugasnya telah berakhir namun pengabdian para pensiunan PNS kepada daerah akan tetap ada. Di antara penerima penghargaan Purna Bhakti tersebut adalah Isdianto, mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kepri yang kini menjabat Wakil Gubernur Kepri.

Baca Juga :   Perluas Kerja Sama, Penerbangan Batam-Shenzen Segera Dibuka

“Teruslah memberikan sumbangsih yang bermanfaat untuk bangsa dan negara, karena mengabdi tidak ada batasnya,” kata dia.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan, penganugerahan Satya Lencana merupakan penghargaan yang diberikan kepada PNS berdasarkan lama kerjanya.

“Dan ini tiap tahun kita berikan , seperti yang diamanatkan dalam undang-undang,” ujarnya.

Arif berharap, adanya penganugerahan tanda kehormatan dapat memberikan manfaat dalam peningkatan kinerja dan kualitas PNS dalam menjalankan tugasnya. Ke depan, Pemerintah Kepri akan mengupayakan pemberian penghargaan untuk pegawai yang indikator penentunya adalah kinerja.

“Itu akan kami usulkan segera,” ujarnya.

 

Reporter : Albar
Editor : Yuri B Trisna