pelantar.id – Menutup tahun 2018, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) akan menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) pada 22-23 Desember 2018. Ini merupakan UKJ perdana yang dihelat AJI di Tanjungpinang.

Sekretaris AJI Tanjungpinang, Sutana mengatakan, pihaknya sudah siap menggelar UKJ tersebut, dengan peserta seluruh jurnalis anggota AJI yang ada di Tanjungpinang. Tapi tak menutup kemungkinan, panitia juga menerima peserta dari luar daerah seperti Batam, Bintan, dan Lingga.

“Target peserta 20 sampai 25 orang. Saat ini, yang kita utamakan peserta dari anggota AJI,” katanya, Senin (26/11/18).

Sutana mengatakan, UKJ penting untuk seorang jurnalis dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistiknya di lapangan. Setelah seorang jurnalis mengikuti UKJ dan lulus, maka ia akan dinyatakan kompeten melakukan tugas jurnalis yaitu, mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menulis berita.

Baca Juga :   Peneliti di AS Temukan Korelasi Kekurangan Vitamin D Sebagai Pemicu Kematian karena Covid-19

Sebelum menggelar UKJ, AJI Tanjungpinang akan melaksanakan kegiatan Literasi Media selama dua hari, 15-16 Desember 2018 di halaman Ramayana Tanjungpinang. Sementara, peringatan HUT AJI Tanjungpinang yang pertama dirayakan secara sederhana di Sekretariat AJI, Jalan Wiratno Tanjungpinang, Sabtu (24/11/18). Perayaan yang dihadiri sejumlah pengurus dan anggota itu mengusung tema Kebersamaan Dalam Kesederhanaan.

Sejak didirikan setahun lalu, AJI Tanjungpinang terus berkembang. Saat ini, jurnalis di Ibukota Provinsi Kepri itu, yang terdaftar sebagai anggota AJI Tanjungpinang ada 35 orang. Sutana mengajak pengurus dan anggota AJI Tanjungpinang tetap kompak dan semakin solid dalam menjalankan organisasi profesi jurnalis ini.

AJI Tanjungpinang termasuk organisasi jurnalis yang aktif menggelar berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan teknis dan wawasan serta etika para jurnalis. Di antara kegiatan yang sudah rutin digelar adalah Ngopi Bareng AJI. Acaraitu sering menghadirkan sejumlah narasumber utama seperti kepala daerah, kepolisian, kejaksaan, wakil rakyat, pengusaha, dan lainnya.

Baca Juga :   Dinkes Awasi Perekrutan Pegawai Non-PNS RSUP Kepri

“Di Ngopi Bareng AJI, kita membahas tentang berbagai persoalan yang sedang dihadapi masyarakat, maupun rencana-rencana pembangunan daerah,” kata jurnalis Koran Sindo Batam ini.

 

Editor : Yuri B Trisna