pelantar.id – Bali akan membuka kran wisatanya pada 31 Juli mendatang. Namun, sementara waktu hanya dibuka untuk wisatawan nusantara.

Sementara, untuk wisatawan asing menurut Gubernur Bali, Wayan Koster, dalam Webinar Nasional Reaktivasi Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru, Jakarta, Rabu (22/7/2020) akan dibuka pada 11 September 2020.

Bali telah mempersiapkan diri membuka sektor wisata ditengah masih memprioritaskan antisipasi Covid-19. Beberapa lokasi sudah dipersiapkan diantaranya Kabupaten Jembrana, Pantai Pendawa Kuta Selatan dan pada hari Sabtu mendatang Monkey Forest, Ubud.

Baca: Wisata Batam, Kampung Terih

Pemerintah setempat juga akan menerapkan protokol kesehatan untuk wisatawan nusantara dan lokal. Selain itu, Dinas Pariwisata Bali telah menyusun Standar Prosedur Operasional (SOP) Cleanliness, Health and Safety (CHS), yang harus diterapkan di semua infrastruktur dan sarana pariwisata di Bali, baik itu destinasi wisata, hotel, restoran hingga agen perjalanan wisata.

Baca Juga :   Maradona dan Romantisme Politik Sesudahnya

Pembukaan pariwisata di Bali akan menjadi projek percontohan pembukaan pariwisata nasional. Menurut Wayan jika penerapan standar protokol berwisata tepat, maka akan menarik kepercayaan diri masyarakat untuk kembali travelling.

cnbc