Pelantar.id – Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan keluar dari anggota senior keluarga kerajaan Inggris. Alasannya, keduanya ingin mencari kemandirian finansial.

Mereka juga akan berhenti menerima Sovereign Grant atau pajak Inggris. Berita tersebut disampaikan keduanya di akun resmi Instagram mereka, @sussexroyal.

“Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota ‘senior’ dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu,” demikian bunyi pernyataan Pangeran Harry dan Meghan Markle, Rabu (8/1/2020).

Keduanya direncanakan akan pindah ke Amerika. Namun, mereka akan tetap menjalankan tugas dari Ratu Elizabeth II dan berupaya menyimbangkan waktu antara Inggris dan Amerika Utara.

Baca Juga :   Menuju PON, Atlet Muay Thai Kepri akan Berebut Juara di Porprov

Melansir BBC, Meghan dan Harry, melalui akun Instagram-nya, menyatakan, keputusan itu sudah didiskusikan selama berbulan-bulan.

Keputusan mereka ini spontan menarik perhatian dunia. Di antaranya ada yang mendukung meskipun untuk kerajaan sendiri baik Ratu maupun Pangeran William merasa kecewa. Para bangsawan senior juga disebut terluka dengan adanya pengumuman itu.

Belum dipastikan dari mana sumber penghasilan dari keduanya. Namun, mengutip dari Business Insider, Kamis (9/1/2020), Markle dan Pangeran Harry masih memiliki pundi-pundi kekayaan pribadi sebesar US$ 30 juta.

Untuk diketahui, Pangeran Harry dan Meghan Markle menikah pada Mei 2018. Setahun kemudian mereka dikaruniai seorang putra bernama Archie Harrison Mountbatten-Windsor.