pelantar.id – The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Academy Awards ke-91 menyatakan ada 347 film yang memenuhi syarat untuk diseleksi masuk dalam nominasi peraih piala Oscar 2019. Film-film itu diproduksi oleh studi-studio besar maupun independen.

Dalam siaran resminya, Selasa (18/12/18), AMPAS menyebutkan ratusan film itu akan diseleksi oleh para dewan juri untuk masuk daftar nominasi sesuai kategori film. AMPAS menyatakan, film yang masuk daftar seleksi adalah film panjang yang ditayangkan secara terbuka dan komersil di bioskop di Los Angeles hingga 31 Desember 2018.

“Dan film tersebut harus dilaksanakan (tayang) paling singkat tujuh hari berturut-turut,” bunyi pernyataan AMPAS.

Kemudian, berdasar aturan Academy, yang dimaksud film panjang adalah film yang memiliki durasi lebih dari 40 menit. Film itu juga harus ditayangkan di bioskop pada film berukuran 35 mm atau 70 mm, atau terkualifikasi dalam format digital.

Baca Juga :   Tips Makanan Pengusir Kantuk Selain Kopi

Sebelumnya, AMPAS telah mengumumkan sejumlah daftar film berbahasa asing. Untuk kategori ini, AMPAS memilih 9 film yaitu, Birds of Passage (Kolombia), Never Look Away (Jerman), Shoplifters (Jepang), The Guilty (Denmark), Capernaum (Libanon), Roma (Meksiko), Cold War (Polandia), Burning (Korea Selatan), dan Ayka (Kazakhstan).

Film-film yang masuk nominasi Oscar 2019 secara resmi akan didiumumkan pada 22 Januari 2019. Sedangkan pemberian pialanya akan dilakukan pada 24 Februari 2019 di Dolby Theatre di Hollywood, Los Angeles.

Black Panther

Kategori Efek Visual

Dalam siaran pers AMPAS menyebutkan, ada 9 film yang berpotensi masuk nominasi dalam kategori efek visual terbaik. Tiga di antaranya adalah film produksi Marvel Cinematik Universe (MCU) yakni, Ant-Man and the Wasp, Avengers: Infinity War, dan Black Panther.

Baca Juga :   19 Tahun Mencipta SpongeBob, Creator Kartun Busa Itu Pergi

Film lain yang masuk kandidat di kategori ini adalah, Welcome to Marwen, Ready Player One, Solo: A Star Wars Story, Christopher Robin First Man, Mary Poppins Returns, dan Jurassic World: Fallen Kingdom.

AMPAS juga memberi bocoran kandidat nominasi lagu soundtrack orisinal. Dua lagi soundtrack film Mary Poppins Returns masuk daftar kandidat. Tak ketinggalan soundtrack Black Panther, lagu berjudul All the Stars yang dinyanyikan oleh Kendrick Lamar dan SZA.

*****

Yuri B Trisna