Pelantar.id – Selain menjaga kebersihan tangan, penting pula menjaga kebersihan lingkungan dari virus COVID-19. Cara umum yang dilakukan adalah dengan menyemprotkan cairan disinfektan di rumah atau di lingkungan tempat tinggal.

Disinfektan merupakan larutan pembunuh kuman khusus pada permukaan benda mati. Untuk mendapatkan larutan disinsfektan Anda dapat meramunya dari rumah dengan bahan-bahan yang dapat dijangkau.

Untuk membersihkan permukaan dengan pemutih rumah tangga, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan pencampuran pemutih dan air.

Berikut panduan membuat larutan disinfektan.

Bahan
-Air
-Cairan Pemutih atau cairan yang mengandung chloride
-botol penyemprot

Langkah membuat larutan disinfektan

-Campurkan air dan cairan yang mengandung chloride. Untuk di dalam ruangan atau di dalam rumah kandungan chloride harus 0,1 persen dengan perbandingan 1 liter air untuk 16 mililiter chloride atau karbol. Sementara untuk di luar ruangan gunakan kandungan chloride 0,5 persen dengan perbandingan 1 liter air untuk 80 mililiter chloride atau karbol.

Baca Juga :   Seluruh Kelurahan di Batam Dapat Dana Rp 2,5 Miliar untuk Bangun Ini

-Setelah itu masukkan campuran tersebut ke dalam botol penyemprot dan cairan disinfektan siap untuk digunakan.

-Setelah membersihkan, biarkan setidaknya selama 10 menit.

 

Waspada dalam penggunaan

-Karena pemutih ini dapat menyebabkan asap beracun, waspadai tanda-tanda paparan berlebihan seperti penglihatan kabur, sulit bernapas, dan sakit kepala.

-Hal yang perlu diingat adalah pemutih tidak boleh dioleskan langsung ke kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Jika Anda terkena, harus segera dicuci menggunakan sabun dan air.

tirto