Pelantar.id – Apple juga mengeluarkan smartwatch terbarunya Apple Watch Series 4 pada acara Apple event di Steve Jobs Theater, Apple Campus, Amerika Serikat 12 September lalu. Teknologi dan desain jam pintar ini juga dikembangkan dari seri pendahulunya, Apple Watch Series 3.

Fitur yang paling menarik adalah Electrocardiogram (EKG) yang bisa mendeteksi dan memonitor detak jantung pemakai. Juga Fall Detection, dengan gyroscope dan accelerometer, Apple Watch Series 4 dapat mendeteksi jika pemakai terjatuh dan dapat mengirimkan pesan emergency. Misalnya pengguna jatuh dari tangga, maka Series 4 akan menanyakan apakah perlu memanggil layanan darurat.

Berbeda dengan Series 3, Apple Watch Series 4 memiliki fitur fitur baru seperti prosesor baru, display yang lebih besar, dan built in heart rate monitor. Untuk dislplay yang lebih besar seri ini menawarkan dua ukuran yaitu 40 mm dan 44 mm, yang meningkat dari sebelumnya 38 mm dan 42 mm.

Baca Juga :   467 Penerbangan Dibatalkan di Bandara Minangkabau

Meski layar membesar, Series 4 ini lebih langsing dari Series 3 karena Apple memperkecil ukuran bezelnya. Dengan display yang 30 persen lebih besar dari Apple Watch sebelumnya itu, ada perubahan desain dari tampilan watch facenya yang lebih detil dan grafis yang lebih menarik.

Series 4 keluar dengan 4 warna pilihan yaitu silver, gold dan space gray. Seluruh versi Series 4 ini dibuat dengan material keramik dan safir sehingga terlihat lebih elegan. Sisi belakang terbuat dari campuran black ceramic dan sapphire crystal, sehingga gelombang radio bisa masuk dari depan dan belakang sisi jam. Apple mengatakan ini untuk mendapatkan sinyal cellular yang lebih baik.

Dari sisi desain perubahan lainnya adalah digital crown yang baru dengan haptic feedback, speaker baru yang 50 persen lebih kencang, dan posisi microphone yang berubah sehingga mengurangi gema dan menghasilkan suara telepon yang lebih jernih.

Baca Juga :   AS Roma vs Liverpool, Pertaruhan Tim Kuda Hitam

Apple Watch Series 4 memiliki prosesor generasi baru S4, 64-bit dual core processor yang di desain untuk bekerja dua kali lebih baik dari pendahulunya. Accelerometer dan Gyroscope memiliki sensitivitas lebih tinggi sehingga mampu merekam data gerak delapan kali lebih cepat.

Tidak ada yang berubah dari ketahanan baterai, masih dengan ketahanan baterai seharian selama 18 jam. Namun ketahanan untuk waktu olahraga bertambah menjadi enam jam, dengan GPS tracking menyala penuh.

Apple Watch Series 4 akan dihargai mulai dari USD$399, sementara model celular LTE dimulai dari USD$499, di U.S sudah bisa di pre-order dari tanggal 14 september semetara ketersediaan barang mulai dari tanggal 21 september 2018.

Baca Juga :   Uang Keluaran Tahun 1998-1999 Tak Berlaku Lagi

Editor: Eliza Gusmeri
Sumber: Teknomata.id