Pelantar.id – Atraksi seribu gasing akan mengisi acara Kenduri Seni Melayu (KSM) yang akan digelar 1-3 November 2018 ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata mengatakan bahwa KSM memang diisi dengan acara menarik di antaranya adalah gasing.

Menurut dia, gasing dipilih karena merupakan permainan rakyat tradisional Melayu dan akan dimainkan selepas salat Jumat selama dua jam.

“Ini sebagai bentuk upaya melestarikan budaya. Sekaligus untuk menarik wisatawan khususnya dari negeri serumpun,” kata Ardi.

Selain gasing seni budaya lain juga akan ditampilkan seperti puisi, lukis, tari, dan sebagainya.‎ Artis Indonesia yang banyak nyanyikan lagu melayu, artis ibu kota Iyeth Bustami juga akan tampil menghibur di KSM 2018.

Baca Juga :   Tidak Diblokir Lagi, Neflix Dapat Diakses di Jaringan Telkomsel dan IndiHome

“Iyeth tampil di malam pembukaan, Kamis (1/11). Acara pembukaan dimulai pukul 19.30 WIB atau bada isya di Dataran Engku Putri,” ujarnya.

Disemarakkan Ratusan UKM

Acara Kenduri Seni Melayu akan melibatkan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Saat ini sekitar 150 pemilik usaha sudah mendaftar dari target sekitar 200 peserta.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan KSM juga dalam rangka bersempena Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batam ke 190 tahun yang jatuh pada 18 Desember 2018 mendatang.

Ia mengatakan, akan melibatkan pelaku usaha kecil dalam kegiatan tahunan itu demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Batam.

“Sekarang sudah 150 peserta yang mendaftar dari target 200 orang,” kata Rudi di Batam Centre, Senin (29/10).

Baca Juga :   The 355, Film Perempuan Mata-mata, Persilangan Ocean's 8 dan James Bond

Rudi mengaku, tidak ada target transaksi dalam kegiatan tersebut. Agenda itu benar-benar untuk menyejahterakan masyarakat Batam melalui pelaku UKM.

“Kami bantu UKM memperkenalkan produknya untuk tamu dari peserta mancanegara dan lokal,” katanya.

PSM ini juga akan melibatkan beberapa negara seperti, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand dan China. Rudi berharap, kehadiran mereka dapat memberikan perkembangan pembangunan dalam mendukung pariwisata di Kota Batam.

“Akses perkotaan seperti jalan sudah lebar. Mudah-mudahan target mendatangkan 2 juta lebih wisatawan tercapai. Sekarang memasuki triwulan III, jumlah wisatawan sudah mencapai 1,45 juta orang‎,” katanya.

Pada saat bersamaan juga digelar pesta wirausaha Batam oleh komunitas Tangan di Atas (TDA).

=========
reporter: Faturrohim
editor: eliza gusmeri