Pelantar.id – Saat seseorang terserang flu tentunya menimbulkan rasa khawatir, apakah gejala tersebut flu biasa atau sedang terserang Covid-19?

Gejala flu dan gejala Covid-19, serupa, dan sulit untuk membedakannya karena kebanyakan orang tidak akan dapat mengetahui penyakit apa yang mereka derita, apalagi kedua penyakit ini dapat disertai demam, batuk, menggigil, dan sesak napas.

Namun, secara umum dapat kita bedakan dari gejala-gejala berikut:

1. Hilang Indra pengecap dan bau

Satu gejala yang umum bagi penderita covid-19 adalah kesulitan mengecap rasa dan bau. Tetapi tidak semua orang dengan COVID-19 mengalami gejala itu, dan para ahli memperingatkan bahwa seseorang dengan alergi atau pilek mungkin juga kesulitan untuk mencium karena hidung mereka tersumbat.

Baca Juga :   Top Ten Youtuber dengan Subcriber Terbanyak di Indonesia

Jika tidak ada rasa atau bau yang hilang, kebanyakan pasien memerlukan usap hidung untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

“Banyak dokter akan memiliki pasien yang mungkin memiliki salah satunya, dan tidak akan ada cara untuk membedakan mereka, selain tes laboratorium, ” kata Gary Simon, direktur Divisi Penyakit Menular di Universitas George Washington, AS.

Baca juga: Satgas Covid-19: Banyak Masyarakat Indonesia Tak Percaya Covid-19

2. Potensi waktu tertular

Virus influenza cenderung mudah tertular dalam waktu cepat ketimbang covid-19. Pasien flu biasanya mengalami gejala dalam satu hingga empat hari setelah terpapar, sedangkan covid-19 orang dapat tertular dalam waktu hingga 14 hari.

Setelah seseorang terinfeksi, flu menular dalam waktu yang lebih singkat daripada yang diyakini para ilmuwan tentang Covid-19. Seorang pasien flu biasanya dapat menularkan virus beberapa hari sebelum gejala berkembang sampai sekitar 24 jam setelah gejala tersebut hilang.

Baca Juga :   Tiga Layanan Pengaduan yang Perlu Diketahui Pelanggan PLN Batam

Sementara, seseorang dengan covid-19 dapat menular sebelum mereka menunjukkan gejala dan dapat menular hingga 10 hari setelahnya.

Tetap Datang ke dokter

Jika mengalami gejala flu atau Covid-19 sebaiknya menghubungi dokter untuk mengetahui apakah pasien harus menjalani tes. Aaron Milstone, ahli epidemiologi di Rumah Sakit Johns Hopkins, AS merekomendasikan agar pasien baik dengan gejala flu atau Covid-19 yang mengkhawatirkan tetap menghubungi dokter.

Dia menekankan bahwa siapa pun yang memiliki gejala, betapapun ringannya, harus menjalani tes virus Corona sehingga pejabat kesehatan dapat melacak penyebarannya.

 

washingtonpost