Pelantar.id – Kepraktisan mengolah bahan makanan menjatuhkan pilihan orang pada frozen food.

Frozen food atau makanan beku merupakan makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dimakan.

Banyak juga yang memilih frozen food sebagai alternatif untuk men-stok makanan. Apalagi bagi Anda yang tak punya waktu ke pasar dan mengolah makanan. Seberapa sering Anda mengkonsumsi makanan ini?

Konsumsi Frozen Food hampir menjadi kebutuhan banyak orang, padahal konsumsi jenis makanan ini terus menerus dapat memberikan efek pada kesehatan.

Dilansir dari halosehat.com, berikut ini bahaya-bahaya frozen food bagi kesehatan Anda.

Mual

Makanan beku rata-rata menggunakan MSG, yakni zat aditif yang jika diasup secara terus-menerus bisa saja berdampak buruk bagi pencernaan dan menimbulkan masalah di sana.

Sakit Perut

MSG tak hanya berisiko tinggi membuat kita terasa mual, tapi juga jika sering-sering mengasupnya, maka sakit kepala bisa saja kita alami.

Masalah Pernapasan

Kandungan MSG atau bahan pengawet pada makanan beku yang kita nikmati dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Batuk

Makanan beku mengandung gula, kemungkinan pengonsumsi makanan beku yang terus-terusan bisa mengalami batuk. Hal ini bisa terjadi sebagai akibat asupan gula yang terlalu banyak sehingga bila tak diimbangi dengan konsumsi air putih banyak, tenggorokan bisa kering dan dapat memicu penyakit batuk nantinya.

Baca Juga :   Buat Penggemar Bunga, Batam Flower Festival (BFF) Akan Digelar oleh Dinas Pariwisata

Kelelahan

Makanan beku yang dikonsumsi terlalu banyak atau sering bisa juga berdampak pada tubuh yang cepat lelah. Ini bisa saja terjadi karena kandungan sodium dan bahan pengawet hingga gula yang tinggi pada makanan beku sanggup menjadi pemicu dari pengentalan darah hingga tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

Tekanan Darah tinggi

Kandungan garam pada makanan beku jauh lebih tinggi dan banyak. Bahkan karena konsumsi makanan beku, Anda berpotensi mengalami pengentalan darah sehingga peredaran darah terhambat.

Penyakit  Diabetes

Tahukah Anda bahwa rata-rata makanan beku yang Anda sering beli dan konsumsi telah melalui proses pengawetan menggunakan pati?

Pati sejenis polimer glukosa yang masih juga semacam karbohidrat inilah yang menjadi peningkat tekstur dan penambah rasa makanan sehingga makanan beku lebih sedap disantap.

Namun jangan senang dulu kalau Anda bisa mengonsumsi makanan beku yang super mudah diolah dan super sedap rasanya, karena nyatanya polimer glukosa tadi akan tubuh kita cerna sebagai gula. Itu artinya, kadar glukosa darah bisa dengan mudah menjadi naik akibat terlalu sering makan makanan beku yang pada akhirnya memicu penyakit diabetes tipe 2.

Baca Juga :   4.560 DPS Batam Bermasalah

Penyakit Jantung

Pada makanan beku terdapat juga lemak trans yang akan memicu arteri tersumbat serta meningkatnya kadar LDL atau kolesterol jahat, sementara  HDL rendah terjadi. Tak hanya lemak trans pengawet yang ada di dalamnya pun tak juga sehat untuk jantung Anda.

Kanker Pankreas

Kanker pankreas memiliki risiko jauh lebih tinggi untuk terjadi pada pengonsumsi rutin akan makanan beku. Mulai dari makanan beku seperti sosis, kornet, hot dog dan makanan olahan lainnya, ini bisa menjadi pemicu timbulnya kanker pankreas.

Mengapa makanan-makanan instan nan lezat tersebut berpotensi memicu kanker pankreas? Ini karena frozen food pada dasarnya juga membawa sifat karsinogenik, yakni sifat yang bisa menjadi pemicu tumbuhnya sel-sel kanker di dalam jaringan tubuh. Jadi, mulailah bijak untuk mengonsumsi makanan beku dengan tidak berlebihan apalagi terus-menerus.

=========

sumber: halosehat.com