pelantar.id-Kekuatiran radiasi dari gelombang radio smartphone membawa kekuatiran pengguna. Sebenarnya, tidak ada standar atau batasan radiasi tertentu yang membuat sebuah smartphone jadi berbahaya untuk digunakan.

Hingga muncul rumor yang berkembang radiasi tersebut dapat menyebabkan penurunan sperma pada pria dan menurunkan kesuburan. Masyarakat belum paham bagaimana perbedaan-ciri-ciri gelombang elektromagnetik. Gelombang radio adalah gelombang elektromagnetik, begitu juga sinar X.

Meskipun sama-sama gelombang elektromagnetik, sinar X lebih berbahaya karena panjang gelombangnya yang rendah, bisa merusak sel bahkan jaringan. Panjang gelombangnya yang hanya satu per satu juta dari lebar rambut manusia, bisa sangat kuat dan bahaya bagi sel.

Namun, gelombang radio adalah kebalikannya. Panjang gelombang dari gelombang radio yang sepanjang lapangan sepakbola, hanya membawa energi yang kecil. Energi ini terlalu kecil untuk bahkan merusak sel.

Baca Juga :   DKPP Pastikan Hewan Kurban di Batam Bebas Penyakit

Meskipun pengaruh radiasi masih dipermasalahkan,Kantor Federal Jerman untuk Perlindungan Radiasi merilis sebuah laporan terkait jumlah radiasi yang dipancarkan smartphone.

Melansir Phone Arena yang mengutip laporan tersebut, terdapat deretan model smartphone populer dengan tahun keluaran baru atau lama, yang didata berdasarkan pancaran radiasi dalam watt per kilogram. Dari data ini, smartphone yang lebih aman atau lebih sedikit radiasi, mencetak skor rendah.

Perangkat yang memancarkan tingkat radiasi tertinggi adalah Xiaomi Mi A1 yang melepaskan 1,75 watt radiasi per kilogram. OnePlus 5T menempati posisi kedua dengan skor 1,68 watt per kilogram. Selain itu ada beberapa smartphone populer seperti OnePlus 6T (1,55), Pixel 3 XL (1,39), serta iPhone 8 (1,32).

Baca Juga :   Family Hub, Kulkas Canggih Samsung yang Bisa Jadi Teman Ngobrol

Sebaliknya, gadget dengan pancaran radiasi paling rendah didominasi perangkat Samsung. Samsung Note 8 dan juga ZTE Axon Elite adalah perangkat yang melepas radiasi paling rendah, yakni hanya 0,17 watt per kilogram. LG G7 dan Samsung A8 berada di posisi selanjutnya dengan 0,24 watt per kilogram. Deretan perangkat Samsung lain dengan pancaran radiasi rendah adalah Samsung S8, S8+, dan S9.

sumber: merdeka.com