pelantar.id – Meski ada beberapa perusahaan modal asing (PMA) di Kota Batam, Kepulauan Riau yang berhenti beroperasi pada tahun ini, namun kepercayaan investor asing terhadap Batam masih tetap tinggi. Upaya pemerintah terus memberi kemudahan dan jaminan keamanan dianggap mendukung kepercayaan investor tersebut.

Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Batam, Jadi Rajagukguk mengatakan, pihaknya memiliki komitmen untuk meningkatkan investasi di Batam, sehingga perekonomian di kota tersebut terus meningkat. Ia berharap pemerintah selalu mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang pro pengusaha sehingga lebih memudahkan pengembangan investasi di Batam.

Baca Juga : Delapan PMA Investasi 32 Juta Dolar Amerika di Batam

Pemerintah Kota Batam dan Badan Pengusahan Batam serta stakeholder lainnya diminta terus bekerja sama untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan investor terhadap Batam.

“Kadin akan mendorong para investor yang saat ini masih wait and see agar bisa segera merealisasi rencana investasinya di Batam,” ujarnya di Batam, Selasa (25/9) dikutip dari Antara.

Baca Juga :   Kemenpar Buka Kantor Perwakilan di Batam, Dorong Kunjungan Wisman

Menurut Jadi, meski perekonomian dunia belum pulih, Kadin optimistis kepercayaan investor masih tinggi untuk berinvestasi di Batam. Kadin juga berharap pemerintah melakukan pengembangan secara serius di pariwisata sebagai sektor potensial masa kini.

Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk.
Foto: Twitter

Jadi mengapresiasi kebijakan pemerintah daerah yang terus membangun infrastruktur di Batam, ditambah pelaksanaan event-event internasional yang bertujuan menarik wisataawan mancanegera datang ke Batam. Menurut dia, pemerintah juga harus menambah dan mengembangkan berbagai destinasi wisata di Batam agar lebih menarik untuk dijual dan dikunjungi turis asing.

“Kami juga terus berupaya mendorong pelaku usaha untuk membuat paket-paket wisata dan kegiatan meeting, incentive, convention dan exhibition,” katanya.

Menurut Jadi, semakin intensnya promosi pariwisata oleh pemerintah dan swasta, akan dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke suatu daerah atau negara. Karena itu, pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat harus bersatu dan saling bekerja sama menjaga Batam, sekaligus memanfaatkan serta mengembangkan semua potensi yang ada.

Baca Juga :   Batam Siapkan 114 Event Wisata Sepanjang 2019

Tahun Politik
Menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, Jadi mengatakan, Kadin Batam berkomitmen untuk mengawal iklim investasi, dan memastikan para investor merasa aman menanamkan modalnya di Batam selama tahun politik. Menurut dia, salah satu aspek yang dijaga Kadin adalah tentang kepastian hukum bagi para calon investor atau pun perusahaan yang akan melakukan pengembangan usaha.

“Semua stakeholder harus berkomitmen mengawal aspek kepastian hukum terhadap investasi,” katanya.

Jadi menegaskan, hal itu harus dilakukan agar para investor tidak ragu saat melakukan aktivitasnya selama pesta demokrasi tersebut berlangsung. Kadin Batam sudah mencanangkan tahun 2018 sebagai tahun investasi.

“Fokus Kadin Batam adalah mendorong serta mengembalikan kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Batam,” ujarnya.

 

Editor : Yuri B Trisna