pelantar.id – Pemerintah Kota Batam sudah merilis kalender pariwisata untuk tahun 2019. Tercatat ada 114 event yang siap dilaksanakan sepanjang tahun oleh pemerintah, pelaku wisata, asosiasi maupun komunitas masyarakat.

Kalender pariwisata itu diluncurkan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di acara Kenduri Akhir Tahun pada malam pergantian tahun di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Senin (31/12/18). Rudi mengajak seluruh elemen masyarakat Batam turut menyukseskan ratusan agenda wisata tersebut.

“Pembangunan pariwisata menjadi prioritas kita bersama, sektor ini akan kita kembangkan untuk terus meningkatkan perekonomian Batam,” katanya.

Pemerintah Kota Batam tahun ini juga akan melanjutkan sejumlah pembangunan infrastruktur terutama jalan di beberapa titik. Menurut Rudi, infrastruktur itu akan mendukung pengembangan sektor pariwisata Batam.

Harapannya, setiap event wisata yang digelar di seluruh wilayah di Batam dapat terlaksana dengan lancar sehingga wisatawan yang datang merasa nyaman dan betah selama berada di kota ini. Rudi mengatakan, masing-masing potensi pariwisata yang ada di Batam akan dikembangkan, didorong untuk terus berbenah agar mampu menarik minat wisatawan berkunjung.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (dua dari kiri) di acara Zikir dan Doa Bersama di malam pergantian tahun, Senin (31/12/18)

Mengutip mediacentetr.batam.go.id, Rabu (2/1/19), Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, agenda pariwisata 2019 ini ada yang dilakukan Pemerintah Kota Batam, pihak swasta, komunitas, masyarakat, maupun kolaborasi bersama.

“Setiap bulan akan ada kegiatan pariwisata yang menarik. Baik untuk wisatawan mancanegara maupun nusantara,” katanya.

Ardi mengatakan, pada bulan Januari, ada 5 event yang akan digelar yakni, Nongsa Regatta, BSGS Golf Tournament Nongsa, Ruggedian Asia Obstacle Fun Run, STQ Tingkat Kelurahan, dan Batam Outer Road Batam Real Mountain Bikers. Di bulan Februari ada 10 event yaitu, Nongsa Neptune Regatta Batam-Bintan-Lingga, Society of Singapore Golfer, Imlek Festival dan Barongsai Show, Chinese New Year Batam View, dan Tiongkok New Year Eve.

Masih bulan Februari, ada juga event BP Batam Golf Series, Tering Bay Spin Golf Gathering, Jong Festival, SPGA Golf Tournament, Bajafash, serta STQ tingkat kecamatan. Untuk kalender Maret, ada 15 event pariwisata yang siap digelar yaitu, Cruise to Jakarta, Herbs Memorial Golf Tournament, Kepri Travel Mart, International Photo Fiesta Nongsa Sensation, International Master Endyro, dan Photo Marathon.

Selanjutnya, Mandarin Artist Shopping Dining and Concert, ASEAN Senior Master Golf Tournament, International Surfcasting Tournament, Triangle Tourism Travel Mart, Tanah Merah Country Club Golf Trip, Festival Makanan Melayu, dan Titian Muhibah Serumpun Indonesia.

Baca Juga :   Nobar Final Champions Bersama BigReds Batam Bertabur Hadiah

Adapun event di bulan April ada 9 agenda wisata yakni, Largest Zumba Gathering, Nongsa Challange, Equator Cruise III, Festival Kampung Tua, SIA Pillot & Cabin Crew Golf Tournament, dan Tering Bay Spin Golf Gathering. Event lain adalah, Batam Food Fiesta, Kejuaraan Internasional Karate Piala Wali Kota, Fashiontastetic Week, dan Famtrip Natuna Anambas.

Berikutnya ada 9 event di bulan Mei yakni, Silaturahmi Masyarakat Padang Bawean, 3rd Tambelan Cruise, Batam Berselawat, SPGA Golf Tournament Series, Safari Ramadhan, Batam Open Volley Ball International, Singapore Professional Golf Association, Parent Day Celebration, Misi Muhibah Kebudayaan, dan Anambas Natuna Cruise.

“Untuk bulan Juni, ada 6 kegiatan yaitu, Halal Bihalal, Mega Beach Party, Offshore Fishing Tournament IV, Getai Traditional Music Concert, Mega Line Dance, dan SSG International Amateur Championship,” kata Ardiwinata.


Farade Budaya Nusantara menjadi salah satu event wisata yang akan digelar di tahun 2019.
Foto : Eliza Gusmeri/PELANTAR.ID

Agenda wisata bulan Juli akan diisi 8 event yakni, Obiang Zumba, Palm Spring Ladies Open Golf, Singapore National Road Championship, Trail Run, Tournament Voli International Batam Open, Tour de Barelang, Bintan Golf Cruise, dan Tering Bay Spin Golf. Kemudian 8 event di bulan Agustus yaitu, Chili Crab Cruise, Pawai Pembangunan, Sinar Mas Cup Golf Tournament, JB Cruise Sebana Cove, Marines Obstacle Run, dan Gerak Jalan HUT RI.

Masih di bulan Agustus, event wisata yang akan digelar adalah, International Batu Ampar 10K, dan 5th Nations Friendship Golf. Sebanyak 16 kegiatan dilaksanakan pada September, yaitu Volley Ball International Tournament, dan Joget Pop Yeye 60-an. Kemudian, International Boat Fishing Tournament, Batam Moon Cake Festival, ASITA Sales Mission, Batam Fishing Festival Pulau Abang, 9HGC Leage Cup, Tering Bay Spin Golf, Lingga Cup/Batam, dan Asian Seniors Master.

Pada bulan Oktober digelar 10 kegiatan yakni Wonderful Sail Bintan/Batam, Society of Singapore Golfer, Batam Fiesta, Deevapali Celebration, 14th Nongsa Cup Golf Tournament, Kepri Travel Mart, Go Green Nongsa Run, Mandi Safar Kampung Terih, Parade Tari Batam, dan 13th Nongsa Cup Golf Tournament. Tujuh agenda menyusul di bulan November, yaitu Light House Run, Ningsa Cup XIV Golf Tournament, Indonesian Series Grand Fondo, Funbike Koran Sindo, Bollywood Party, Tering Bay Spin Gold, dan The 4th Batam Senior PERPESI Golf Challenge.

Baca Juga :   Batam Solek Kampung Tua Tanjungriau dengan Rp35 Miliar

“Terakhir, di penghujung tahun ada 11 kegiatan. Seperti Batam Great Sale, Tering Bay Spin Golf, Batam International Marathon, Pesta Rakyat Hari Jadi Batam, Gebyar Budaya Nusantara, Series Xmas dan New Years Eve Mega Celebration Nongsa Sensation, Golf & Boaters Night. Selanjutnya ada Kenduri Seni Melayu, Kenduri Akhir Tahun, Cobra Golf Kakis, dan SPGA Golf Tournament Party,” kata Ardi.

Menurut Ardi, pihaknya akan mempromosikan 114 event pariwisata tersebut melalui beberapa pihak. Seperti menyampaikan secara resmi ke Visit Indonesia Tourism Office (VITO), sebagai perwakilan Kementerian Pariwisata di Singapura dan Malaysia.

“Kami juga akan minta bantuan VITO untuk ikut mempromosikan calender of event Batam 2019 ini. Kita juga akan distribusikan ke tour operator dan tour agent (TO-TA), untuk ikut mempromosikan event tersebut,” kata dia.

Turis Asing Pertama 2019

Sementara itu, Tang Jiasheng menjadi turis pertama yang menginjakkan kaki di Batam pada pembuka tahun 2019. Wisatawan asal China ini datang masuk ke Batam melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre.

Kapal Batam Fast yang membawa Tang merapat di pelabuhan pada pukul 07.45 WIB. Ini merupakan jadwal pelayaran pertama dari Singapura ke Batam.

Asisten Administrasi Umum Setdako Batam, Firmansyah menyerahkan souvenir kepada Tang Jiasheng, wisman pertama yang datang ke Batam di 2019, Selasa (1/1/19).
Foto: Humas Pemko Batam

Begitu melewati dermaga, Tang disambut tabuhan kompang dan kalungan bunga. Atas penyambutan tersebut, ia menyampaikan terima kasih.

“Saya sudah ke Batam beberapa kali. Ini bukan yang pertama. Saya ke sini untuk liburan,” katanya, dikutip mediacenter.batam.go.id.

Selain wisatawan mancanegara, kapal pertama ini juga mengangkut warga Batam yang pulang usai menikmati malam tahun baru di negeri Singa. Seperti Rosita Tamaria Manik yang juga disambut dengan kalungan bunga bersama Tang.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan kegiatan penyambutan wisatawan pertama ini menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Batam. Acara ini sebagai bentuk apresiasi terhadap dunia pariwisata khususnya kunjungan wisman.

“Penyambutan ini untuk memberikan kesan bahwa kita sangat peduli. Sebagaimana saptapesona yang salah satunya adalah kenyamanan, melalui penyambutan ini kita berharap wisman tersebut akan menceritakan, mempromosikan ke keluarga, saudara, teman di negaranya bahwa Batam adalah destinasi wisata yang nyaman, ramah, welcome terhadap wisman,” katanya.

*****