Pelantar.id – Sebagai bentuk antisipasi penyebaran atau tertular virus corona, banyak kantor yang mengimbau para karyawannya untuk bekerja di rumah. Instansi pemerintah juga memberlakukan ANS bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah sebenarnya memberi banyak manfaat, seperti lebih fleksibel, lebih bebas dan tentunya lebih dekat dengan keluarga.

Namun, bekerja dari rumah harus tetap punya aturan tersendiri agar setiap pekerjaan Anda tetap sukses diselesaikan meskipun bekerja dari rumah

Berikut ini kiat sukses bekerja dari rumah yang dilansir dari

1. Mengatur dan Menjaga Jam Kerja

Anda tetap harus mengatur jam kerja seperti layaknya bekerja di kantor. Anda bisa menentukan sendiri kapan waktu terbaik bagi Anda untuk bekerja tentunya dengan mengedepankan disiplin.

Beri diri Anda waktu untuk istirahat atau sekedar berkumpul dengan keluarga Anda sehingga Anda dapat menjadi produktif lagi.

2. Rencana dan Struktur Hari Kerja

Atur struktur hari kerja Anda untuk memaksimalkan efisiensi. Misalnya jika Anda tidak suka melakukan pekerjaan di siang hari, maka Anda bisa melakukan pekerjaan hanya di waktu pagi, sore atau malam. Dan siang bisa Anda gunakan untuk berkumpul dengan keluarga, keluar rumah atau beristirahat.

Baca Juga :   Tanah Timbunan Amblas, 84 Rumah di Jodoh Rusak Parah

Buatlah daftar tugas Anda untuk esok hari pada setiap Anda akan mengakhiri pekerjaan Anda hari ini, usahakan pekerjaan paling penting Anda masukkan dalam daftar paling utama sebelum pekerjaan yang tidak begitu penting.

3. Perhatikan diri Anda

Anda tetap harus memperhatikan diri Anda. Terutama untuk kebersihan diri Anda. Jangan melupakan sarapan atau makanlah yang teratur.

Usahakan juga melakukan aktifitas mandi untuk menambah semangat kerja Anda dan mengganti pakaian Anda, hal tersebut tentu akan mempengaruhi Anda secara psikologis.

Meluangkan waktu untuk membersihkan tempat kerja dirumah, mandi, sarapan, sikat gigi dan pakaian dapat membuat sesorang merasa lebih percaya diri.

4. Tempat Kerja yang Nyaman

Cobalah untuk bekerja di tempat yang sama setiap hari. Anda bisa menjadikan kamar tidur Anda sebagai kantor, meja yang terletak di sudut ruang tamu atau ruang lain di rumah Anda.

Pastikan fungsi ruang kerja Anda secara efisien untuk Anda, bisnis Anda dan gaya Anda. Kelilingi diri Anda dengan hal-hal yang menginspirasi Anda dan membuat Anda bahagia diruangan tersebut seperti poster, gambar, bunga dan musik.

Baca Juga :   Batam Masih Dipercaya Investor

Jadikan ruang kerja Anda sebagai tempat yang Anda dapat nikmati setiap hari dalam bekerja, pilih bagian dari rumah Anda di mana Anda dapat fokus dan melakukan pekerjaan terbaik.

5. Istirahat

Tentukan jadwal kapan Anda harus istirahat. Anda bisa bangkit dari meja kerja Anda dan melakukan peregangan atau berjalan di sekitar rumah atau keluar rumah.

Mengambil istirahat untuk makan siang dan menikmati makanan siang Anda. Dan tentunya jangan lupa bersosialisasi.

6. Hindari Gangguan

Gangguan bisa dari keluarga Anda sendiri, dari tentangga atau dari anak-anak Anda atau bisa juga gangguan untuk menjalankan tugas-tugas rumah tangga. Perlu bagi Anda untuk membicarakan dengan keluarga, kapan saat Anda tidak bisa di ganggu.

Batasi waktu yang dihabiskan untuk mengecek atau membalas email, media sosial, chating dan situs terkait dengan pekerjaan.

Mengatur timer di ponsel atau komputer jika diperlukan. Dan jangan buang waktu atau uang pada pertemuan atau kegiatan yang kontraproduktif bagi keberhasilan Anda.

www.centerklik.com