pelantar.id – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) menyiapkan uang tunai sekitar Rp1,7 triliun selama perayaan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Jumlah itu hampir sama dengan uang tunai yang disiapkan tahun sebelumnya.

“Besarnya naik sedikit dibanding tahun lalu. Tahun ini kita siapkan sekitar Rp1,7 triliun,” kata Kepala BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra melalui pesan WhatsApp, Sabtu, (22/12/18).

Gusti mengatakan, uang tunai yang disiapkan terdiri dari berbagai pecahan. Masyarakat sudah bisa menukarkan uangnya mulai dari pecahan seribu rupiah.

Masyarakat yang ingin mendapat atau menukarkan uang pecahan, selain bisa mendatangi Kantor BI Kepri di kawasan Batam Center, juga bisa melalui mobil layanan keliling.

Gusti Raizal Eka Putra

Menurut Gusti, selain BI, sejumlah bank di Kepri juga membuka layanan penukaran uang. Baik di kantor maupun layanan kas keliling.

Baca Juga :   Turis Singapura Dominasi Wisata Kepri

Mobil layanan keliling dari perbankan, biasanya akan membuka kas di tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat. Seperti pasar, pusat perbelanjaan dan lainnya.

“Layanan perbankan ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan atau menukarkan uang pecahan. Ini juga dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri. Karena memang momen-momen ini terjadi lonjakan penggunaan uang tunai,” kata dia.

*****

Yuri B Trisna