Pelantar.id – Keberadaan furnitur sangat mendukung estetika ruang rumah. Pemilihan furnitur yang tepat akan memberikan nilai tersendiri bagi rumah Anda.

Pemilihan dan peletakkan furnitur sebaiknya tidak asal. Penempatan sebaiknya disesuaikan dengan fungsinya. Selain itu, dalam mencari furnitur kita juga harus mempertimbangkan ukuran, tema dan warna yang disesuaikan dengan kebutuhan ruang rumah.

Anda bisa membeli langsung di toko furnitur atau memilih memesan secara customize. Agar tidak salah memilih furnitur berikut ini ada beberapa tips sebelum Anda menempatkan furnitur pada ruang.

1. Berdiskusi dengan keluarga

Sebelum memilih furniture, ada baiknya mengajak keluarga atau penghuni rumah untuk berdiskusi terlebih dulu. Ini mencakup soal kebutuhan perabot, selera, serta yang paling penting: budjet.

2. Penataan dan perencanaan ruangan

Buatlah sketsa atau skema ruangan yang diinginkan dan bicarakan hal ini dengan pembuat furnitur. Misalnya, ingin membuat sofa di ruangan yang juga terdapat meja untuk televisi dan lemari. Bagi ruangan tersebut untuk masing-masing furnitur.

Baca Juga :   Syamsul: Pilkada Kepri Siap Terlaksana 9 Desember 2020

Jangan lupa sediakan area untuk mobilitas, jangan sampai terlalu sempit. Perhitungan yang matang membuatnya penataan jadi efektif. Hunian minimalis dengan keterbatasan ruang, furniture berukuran kecil hingga sedang adalah pilihannya.

3. Sesuaikan dengan tema rumah

Pemilihan furnitur haruslah sesuai dengan tema desain rumah. Misalnya rumah minimalis tentulah membutuhkan furnitur minimalis. Sementara untuk rumah bergaya klasik, furnitur yang dipilih seperti penggunaan kayu jati.

Pemilihan tema rumah juga dikaitkan dengan pemilihan warnat furnitur. Pilihlah warna yang senada dengan dinding; maupun elemen dekorasi interior yang lain.

4. Pesan untuk furnitur yang sering dipakai

Pertimbangkan untuk memesan furnitur di ruangan yang paling sering dipakai seperti kamar tidur dan area keluarga tentunya berbeda. Untuk kamar tidur misalnya ranjang dan lemari yang ukurannya sesuai dengan kondisi ruangan. Begitu juga ruang keluarga seperti sofa serta lemari untuk televisi atau penyimpanan.

Baca Juga :   Otaki Rentetan Teror, Aman Abdurrahman Dituntut Mati

5. Minta bahan contoh

Sebaiknya minta contoh material terlebih dulu sebelum memilih furnitur. Material ini berupa kayu, bahan sofa, busa dan bahan lainnya. Bisa juga melihat contoh yang sudah jadi.

6. Pilih Bahan Berkualitas dan Punya Konstruksi yang Kuat

Ada banyak bahan furnitur yang tersedia di pasaran. Namun untuk usia dan ketahanan yang lebih lama, meja rias dan coffee table adalah dua contoh furnitur yang bisa tahan lama dengan konstruksi kayu; salah satu contohnya bisa ditemui dalam ragam furniture Jepara.

 

Editor: Quinna Bening

sumber: dari berbagai sumber