Pelantar.id – Sejak pandemi Covid-19, Batam langsung sepi event. Bioskop-bioskop pun ikut serentak ditutup.

Belakangan tersiar kabar kalau bioskop akan kembali dibuka di Indonesia pada akhir Juli nanti.

Itupun jadwalnya tentatif, melihat kondisi, jika pembukaan bioskop tidak memicu peningkatan jumlah infeksi Covid-19.

Sejak diberlakukannya new normal, para penggiat event di Batam (EO) mulai memutar otak, memberanikan diri untuk mencoba membuka acara di Batam.

Tapi tentunya tidak mudah mengadakan acara yang mengundang keramaian lantaran harus mematuhi aturan protokol yang ada.

Salah satu penggerak event di Batam yang tergabung dalam Lima Aliansi baru saja menggelar acara di Batam, melalui acara Play Park berkonsep Bioskop Drive in di Tumenggung Batam.

Acaranya ini sudah dimulai dari Jumat-Minggu (10-13 Juni 2020).

Baca:  Kapan Bioskop Dibuka?

Bioskop Drive in atau dikenal juga dengan Drive in Cinema ini merupakan cara menonton film dari dalam mobil di mana mobil-mobil tersebut diparkirkan di lapangan atau parkiran luas.

Baca Juga :   Peringatan 11 September, Mengingat Kembali Aksi Teroris yang Tewaskan Ribuan Nyawa

Sekilas terlihat seperti konsep layar tancap, bedanya hanya cara/pengalaman menontonnya saja. Di Jakarta acara serupa sudah diselenggarakan lebih dulu, ada yang menganggap bahwa Drive in Cinema sebagai gaya hidup selama new normal.

Menurut Marlon, kru dari Lima Aliansi, diselenggarakannya Bioskop Drive ini lebih kepada cara pelaku event untuk menggerakkan kembali ekonomi di Batam.

foto dokumentasi Lima Aliansi

“Karena Batam adalah daerah percontohan new normal, jadi kami dari kalangan Event Organizer mencoba membuat suatu konsep acara yang dapat menggerakkan perekonomian Batam kembali,” ujar Marlon, Minggu, 13 Juni 2020.

Disamping itu, Bioskop Drive in ini juga ditujukan untuk menghibur warga Batam dan melegakan sedikit kerinduan menonton bioskop meskipun dengan pengalaman yang berbeda.

Baca Juga :   Kota Batam Dapat Bantuan Baju Hazmat dan Masker

“Sejauh ini animonya fifty-fifty, karena kondisi pandemi ini masyarakat masih takut, padahal kami tetap menerapkan protokol kesehatan di lokasi acara,” kata dia.

pengecekkan suhu tubuh pengunjung. Foto dokumentasi Lima Aliansi

Protokol yang mereka berlakukan misalnya, ketika masuk setiap pengunjung Play Park dilakukan pengecekan suhu tubuh. Jarak kendaraan saat menonton juga diatur.

Selain itu, penonton tidak harus keluar mobil untuk memesan makanan. Cukup menggunakan WhatsApp dan makanan akan diantar ke mobil masing-masing (Drive Thru Bazar).

Memutarkan Film-film Indonesia

foto dokumenasi Lima Aliansi

Menonton film di Bioskop Drive in Play Park menggunakan tool suara yang cukup modern. Banyak yang bertanya bagiamana suara film bisa didengar jika menonton dari dalam mobil?

Baca Juga :   Tujuh Rumah Makan Langganan Para Presiden Indonesia

Ternyata, selain dapat mendengar suara film langsung dari soundsystem, penonton bisa memilih menggunakan jaringan radio dari dalam mobil.

Baca: Jadwal Tayang Film Disney di Bioskop

Ada tiga film yang diputarkan di Bioskop Drive in Play Park, Diantaranya Ramlie Oh Ramlie, Laskar Anak Pulau dan I Am Hope. Ramlie Oh Ramli dan Laskar Anak Pulau merupakan karya sineas Batam.

“Film-film yang kami putar semuanya legal karena kami juga meminta izin ke PH-nya terutama film nasional,” ujar Marlon.

Pemutaran film di acara Play Park ini juga diselingi dengan hiburan dengan perform band-band lokal Batam. Marlon berharap, konsep Drive in Cinema tidak menutup kemungkinan bisa berlanjut jika ada pihak yang mau berkolaborasi nanti.

Ditekankan Marlon, Play Park bukan sekadar hiburan semata, tetapi juga turut membantu bagaimana menggerakkan kembali pelaku usaha di Batam terutama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal Batam.