pelantar.id – Perut buncit sering kali menjadi masalah yang didominasi kaum pria. Apalagi Anda adalah seorang social drinker, seperti senang menjadikan bir sebagai minuman saat bertemu kolega.

Banyak orang beranggapan bahwa bir dapat menjadi penyebab perut buncit pada pria atau istilah ini disebut beer belly. Tapi benarkah bir menjadi faktor penyebab buncit?

Dilansir dari merdeka.com, berdasar sebuah penelitian yang dilansir dari Boldsky, sesungguhnya bir sama sekali tidak mengandung lemak tapi ada beberapa unsur yang dapat memicu perut buncit.

“Bir adalah minuman beralkohol yang dibuat dengan cara mengolah air fermentasi dari biji-bijian seperti gandum atau rye. Bir memang kaya akan karbohidrat, tidak mengandung protein atau kalium dan sama sekali tidak mengandung lemak,” terang penelitian ini.

Baca Juga :   Dilan 1991 Cetak Rekor, Hari Pertama Tayang Tembus 800 Ribu Penonton

Lalu mengapa minuman ini disebut membuat perut menjadi buncit? Ternyata jawaban dari hal ini adalah karena minuman jenis ini dapat meningkatkan nafsu makan.

“Alasan pertama adalah bir adalah minuman beralkohol yang difermentasi dan sama seperti makanan atau minuman fermentasi lainnya, bir bisa meningkatkan nafsu makan sehingga mengarah ke pembentukan lemak perut,” jelas penelitian ini.

Selain dapat meningkatkan nafsu makan, ada hal lain yang melatarbelakangi membuncitnya perut karena bir ini. Hal ini tak lain karena senyawa yang dikandungnya.

“Kemudian yang menjadi alasan kedua adalah bir mengandung senyawa yang disebut dengan phytoestrogen yang dapat menciptakan ketidakseimbangan dalam tubuh sehingga terjadi penumpukan lemak perut,” tulisnya.

Baca Juga :   Garuda Indonesia Bakal Kelola AirAsia?

Dua hal tersebut adalah alasan yang membuat perut semakin membuncit karena mengonsumsi bir. Selain itu bir memiliki asupan kalori yang terlalu banyak. Bir bisa memiliki 150 kalori dan jika seseorang lebih sering berada dalam posisi duduk, maka akan sangat mudah bagi kalori tersebut untuk menumpuk di perut.

Selain itu, bir drinker juga senang meneguk bir bersama makanan lainnya. Hal ini juga menambah pemicu perut buncit. Kalori dari makanan yang dikonsumsi bersamaan dengan bir juga berkontribusi terhadap penumpukan lemak di perut.

=================
dari berbagai sumber