Pelantar.id – Kemudahan pemesanan layanan transportasi melalui gawai merambah semua moda. Tidak hanya pada transportasi udara seperti pemesanan tiket pesawat di layanan start up yang tersedia di ponsel, tetapi juga pada pemesanan tiket kapal.

Adalah Batamfast sebagai salah satu perusahaan jasa transportasi laut yang berinovasi dalam memberikan layanan pembelian tiket kapal feri khusus Batam-Singapura. Semula penumpang dapat membeli tiket kapal diberbagai gerai Batamfast di Batam ataupun konter resmi yang tersebar dipelabuhan di Batam atau membeli di jasa ritel seperti Alfamart dan Indomaret.

Baru-baru ini Batamfast mengeluarkan Batamfast App untuk mempermudah konsumennya untuk membooking tiket. Batamfast App adalah aplikasi booking tiket feri Batamfast yang dapat didownload di Play Store versi android.

“Aplikasi ini sudah kami sudah kami keluarkan sejak Maret lalu, sekarang penumpang bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk booking tiket,” kata Asisten Sales dan Marketing Manager, Fransiska Tan, Selasa (9/10).

Lanjut Fransiska, cara melakukan booking tiket feri ke Singapura adalah dengan memasukan nomor e-tiket setelah menjadi member atau sign di app tersebut. Untuk mendapatkan nomor e-tiket, penumpang seperti biasa terlebih dulu membeli tiket di Alfamart atau Indomaret.

Baca Juga :   BMKG: Musim Angin Utara, Gelombang Laut Tinggi di Kepri

“Nanti dikasih nomor e-tiketnya, setelah itu baru diinput ke aplikasi. Dengan aplikasi ini Anda tidak perlu check-in lagi di pelabuhan tetapi tetap datang ke konter untuk print boarding pass,” kata dia.

Dikeluarkannya aplikasi booking tersebut menurut Fransiska juga bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada penumpang dan sebagai cara Batamfast berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik dan efesien. Sementara waktu, Batamfast baru merilis aplikasi untuk Android saja.

“Sebentar lagi akan kami keluarkan aplikasi untuk IOS, tapi masih dalam pengembangan,” kata dia.

 

Tarif Tiket Feri Batamfast

Batam sebagai daerah yang diapit banyak pulau dan berdekatan dengan Singapura dominan menggunakan transportasi laut untuk jalur penyebarangan Batam-Singapura dan Batam-Malaysia. Batamfast sendiri hanya menyediakan penjualan tiket feri untuk Singapore-Batam/Batam-Singapore (Pulang/Pergi).

Pengaruh dolar Singapura yang menguat, menurut Fransiska tidak berimbas pada penjualan tiket feri Batamfast. Saat ini harga jual tiket feri Batam-Singapura pulang-pergi di konter Batamfast Rp290 ribu dengan waktu invalid dua minggu.

“Harga tiket tetap sama tidak ada kenaikan, kalau Anda memberi di money changer justru lebih murah Rp270 ribu dengan waktu invalid seminggu,” ujar Fransiska.

Baca Juga :   The Matrix 4 Difilmkan pada 21 Mei 2021

Saat ini feri Batamfast beroperasi di empat pelabuhan di Batam, di antaranya Pelabuhan Feri Batam Center, Pelabuhan Feri Sekupang, Pelabuhan Feri Harbour Bay dan Pelabuhan feri Nongsa. Batamfast beroperasi sebanyak 40 kali return trip untuk 5 rute di empat pelabuhan tersebut.

“Seat yang kami sediakan mulai dari 90 hingga 338 seat,” kata dia.

Batamfast Peduli Gempa

Perusahaan transportasi yang sudah beroperasi sejak 1985 ini tidak hanya fokus pada bisnis penjualan tiket. Gempa dan tsunami di Palu ikut menarik simpati managemen Batamfast. Batamfast melakukan penggalangan dana untuk membantuk korban bencana.

Caranya, di konter Batamfast disediakan cash collection atau kotak berdana bagi penumpang yang ingin menyumbang. Langkah Batamfast tersebut juga sudah mendapatkan izin dari Dinas Sosial Batam.

“Selain Cash Collection, kami juga mendonasikan 2 dolar dari setiap penjualan tiket feri, diperkirakan tanggal 18 Oktober nanti dananya akan kami kumpulkan dan di serahkan ke PMI,” kata dia.

Pengumpulan dana korban gempa tersebut menurut Fransiska hingga hari ini cukup mendapatkan respon baik dari penumpang.

Penulis/foto: eliza gusmeri