pelantar.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam mencanangkan pembangunan zona integritas di internalnya. Zona integritas itu meliputi pembangunan wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, zona integritas merupakan predikat yang diberikan kepada kementerian atau lembaga yang berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. Atas dasar itu, BP Batam mencanangkan zona integritas yakni pembangunan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

“Ini selaras dengan harapan Presiden Republik Indonesia agar integritas pegawai BP Batam menjadi yang terbaik di semua lini pembangunan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/11/18).

Lukita mengatakan, jajaran BP Batam sudah menandatangani pakta integritas pada akhir 2015 lalu. Menurutnya, pakta integritas tersebut jalan menuju zona integritas.

Baca Juga :   Sehari, Seribu Warga Kecamatan Nongsa akan Divaksinasi Covid-19

Lukita mengatakan, agar zona integritas bisa terwujud, celah-celah penyimpangan harus segera diatasi. Dan menurut dia, BP Batam sudah melakukan itu.

Hal tersebut terbukti dengan keberhasilan BP Batam mendapatkan beberapa penghargaan di level nasional. Di antaranya penghargaan untuk laporan keuangan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian, pelayanan terpadu satu pintu serta keterbukaan informasi publik.

“Penghargaan-penghargaan itu menjadikan Batam sebagai wilayah yang diperhitungkan di tingkat nasional, dan oleh pemerintah pusat,” kata dia.

Baca Juga :

Ini 3 Sektor Andalan BP Batam Gaet Investor

Inspektur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Budi Prawira meminta pencanangan zona integitras di BP Batam jangan sekadar seremoni belaka. Semua jajaran di BP Batam harus bersama-sama berkomitmen meningkatkan good governance sehingga wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dapat terwujud.

Baca Juga :   Di Batam, Salat Iduladha Hanya Boleh Dilaksanakan di Lapangan

“Pengawasan di internal BP Batam harus dilakukan secara berkesinambungan, agar cita-cita zona integritas terwujud,” katanya.

 

 

Editor : Yuri B Trisna