pelantar.id – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kepulauan Riau (Kepri) bakal menggelar Pameran Budaya sempena kegiatan Festival Pulau Penyengat di Tanjungpinang. Festival itu akan berlangsung mulai 14-18 Februari di Pulau Penyengat.

Selain Pameran Budaya, BPNB juga akan menggelar tiga acara lain yakni, lomba permainan tradisional, sosialisasi warisan budaya tak benda (WBTB) dan pemutaran film atau bioskop keliling.

“Empat kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kami pada event yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tanjungpinang,” kata Kepala BPNB Kepri, Toto Sucipto dikutip laman BPNB Kepri, kemarin.

Toto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan empat tim yang akan melaksanakan kegiatan ini. Saat ini dalam tahap persiapan.

“Nanti ada lomba permainan tradisional. Kami akan kenalkan lagi berbagai permainan yang mungkin sudah mulai dilupakan anak-anak kita,” ujarnya.

Baca Juga :   Film Animasi Onward, Berisik di Awal Sentimental di Akhir

Zulkifli Harto, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BPNB Kepri menambahkan, pihaknya sudah mengikuti rapat persiapan Festival Pulau Penyengat, termasuk mengkondisikan tim yang akan terlibat dalam acara ini.

“Ajang Festival Pulau Penyengat sangat bagus dalam mengenalkan dan menunjukkan eksistensi BPNB Kepri ke masyarakat khususnya masyarakat Tanjungpinang,” kata dia.

Untuk diketahui, Festival Pulau Penyengat merupakan agenda rutin Pemko Tanjungpinang. Event lima hari itu diharapkan mampu menyedot kedatangan wisatawan mancanegara dan domestik.

Selama event digelar, wisatawan akan disuguhi bermacam atraksi kebudayaan. Panitia sudah menyiapkan puluhan acara seperti, lomba dayung sampan, tanding pukul bantal di laut, lomba nambat itik di laut hingga lomba becak motor hias

Tak ketinggalan, ada juga pangkak gasing, membaca gurindam 12, dan kuliner khas Melayu.

Baca Juga :   Lima Laptop dengan Teknologi Layar Futuristik di Tahun 2020

*****