Pelantar.id – Memakai sepatu heels secara rutin menjadi pelengkap penampilan wanita. Banyak wanita yang memilih menggunakan jenis sepatu ini untuk kegiatan sehari-sehari seperti bekerja dan menghadiri acara undangan.

Penggunaan sepatu heels dianggap cukup baik untuk meningkatkan tampilan wanita secara keseluruhan dan memperbaiki gaya berjalan. Namun, dibalik penggunaan sepatu ini tak sedikit wanita yang merasakan nyeri dan kesakitan di bagian kaki jika mengenakan sepatu heels seharian penuh. Jika dibiarkan penggunaan heels dapat mempengaruhi kesehatan kaki Anda.

Dikutip dari Sheknows.com pada Selasa (18/9/2018) sepatu heels dapat terasa dan terlihat sebagai ide yang baik untuk alas kaki. Namun sepatu heels dapat merusak struktur kaki Anda. Lama kelamaan bisa berpengaruh pada bentuk tubuh Anda secara keseluruhan.

Sepatu heels menyebabkan banyak masalah bagi pemakainya. Tidak hanya kaki, melainkan juga pergelangan kaki, lulut, bahkan punggung. Menurut Dr.Julie Schottenstein, seorang ahli penyakit kaki, sepatu heels menyebabkan berat badan berpindah pada bola kaki yang menyebabkan peningkatan rasa sakit di area ini.

Mengangkat berat badan pada bola kaki dapst menyebabkan syaraf terjepit dan stres. Hal ini juga menyebabkan lutut dan pinggul Anda bergeser ke depan. Dalam beberapa kasus, heels bisa menyebabkan hammertoes dan kuku yang tumbuh ke dalam.

Penggunaan sepatu heels dalam jangka panjang bisa berpotensi menyebabkan pemendekan tendon Achilles, nyeri otot, kejang, dan kram kaki. Sehingga potensi cedera bisa semakin besar saat Anda mengenakan sepatu datar untuk berolahraga dan berjalan-jalan.

Untuk itu, Anda harus memilih sepatu heels yang tepat jika pekerjaan dan keseharian Anda menuntut untuk menggunakan sepatu heels selama seharian penuh. Anda bisa mencari sepatu dengan sepatu heels atau wedges berukuran tinggi maksimal 5 cm.

Selain itu, ruang kaki pada sepatu heels harus sama persis atau sedikit lebih besar dari ukuran telapak kaki Anda. Sehingga jari-jari Anda tidak terjepit. Sebaiknya juga cari sepatu heels yang memiliki bantalan di daerah bawah bola kaki untuk mencegah rasa sakit.

Baca Juga :   Korban Puting Beliung Terima Bantuan Pemkab Karimun

Batas penggunaan heels

Namun jika Anda tidak memiliki heels yang sempurna untuk penampilan dan kesehatan Anda, jangan gunakan terlalu lama. Maksimal menggunakannya tiga jam dan bergantian dengan menggunakan sepatu yang lebih mendukung.

Dari keseluruhan jenis sepatu yang ada, sepatu datar dengan ruang kaki yang lebar adalah yang terbaik. Sepatu jenis ini tidak akan memaksakan jari-jari ke ruang yang kecil dan membuat bentuk tubuh menjadi lebih selaras.

Tips nyaman pakai sepatu hak tinggi

1. Hindari pointed shoes alias sepatu dengan ujung jari runcing
Sepatu hak tinggi jenis ini akan menekan jari-jari kaki Anda bersamaan dan akan menimbulkan benjolan pada kaki atau bahkan cedera.

Selain itu, hindari juga sepatu yang memiliki heels sangat tipis karena sepatu ini memberikan tekanan yang besar untuk kaki Anda dan mata kaki Anda. Cara untuk mengetahui apakah jari kaki Anda memiliki ruang yang cukup adalah apabila jika Anda bisa menggoyangkannya dengan leluasa tanpa masalah.

2. Belilah ukuran yang tepat
Ini sudah jelas. Tetapi kapan terakhir kali kaki Anda diukur saat membeli sepatu? Para ahli sependapat bahwa kaki dapat membesar seiring dengan pertambahan usia, bahkan kondisi seperti kehamilan juga memengaruhi ukuran sepatu Anda.

Itulah mengapa sangatlah penting untuk mengukur kaki setiap saat membeli sepatu baru. Pastikan ada jarak antara jari terpanjang Anda dengan ujung sepatu, untuk memberikan ruang bagi jari kaki Anda. Untuk sepatu hak tinggi, hal ini berarti Anda harus mengambil ukuran yang lebih besar agar nyaman.

3. Ujung sepatu bulat adalah yang terbaik
Ya, sepatu hak tinggi model rounded-toed, alias sepatu berujung bulat memang memberikan ruang yang cukup untuk jari-jari kaki sehingga membuat kaki Anda berada pada posisi yang alami.

Selain menghindari sakit pada jari kaki terutama jempol, sepatu high heels model ini juga nyaman untuk dipakai sehari-hari. Beruntungnya model sepatu dengan ujung kaki bulat nampaknya selalu tren di setiap musim. Jadi, Anda pun tak akan kesulitan untuk menemukan sepatu hak tinggi model seperti ini.

Baca Juga :   Makan Enak Saat Lebaran tapi Tetap Sehat? Ini Caranya

4. Jangan gunakan yang terlalu tinggi
Anda dapat menggunakan heels dengan tinggi 2-5 cm yang masih cukup nyaman saat dikenakan. Hindari heels dengan tinggi 7-10 cm atau bahkan lebih, yang akan menempatkan tekanan pada mata kaki dan tulang di bagian depan kaki Anda.

5. Ukur lebar kaki Anda
Lebar kaki Anda tak kalah penting dari panjangnya. Banyak sepatu yang menggunakan lebar kaki standar. Tetapi jika Anda memiliki kaki yang lebih lebar, sepatu dengan lebar standar tidak akan membuat Anda nyaman.

Ketika Anda menemukan sepasang sepatu yang Anda suka, lihat apakah mereka memiliki lebar sepatu yang cukup; jika tidak, pembuat sepatu biasanya dapat melebarkan sepatu untuk memberikan ruang bagi kaki, meningkatkan kenyamanan pada kaki Anda.

6. Gunakan bantalan
Jika sepatu Anda kurang nyaman, saatnya mempertimbangkan bantalan. Banyak sepatu yang tidak menyediakan bantalan yang cukup pada bagian-bagian yang memerlukan bantalan, misalnya tepat di bawah mata kaki Anda.

Bantalan dapat menopang kaki dan membuatnya lebih nyaman, terutama ketika Anda menggunakan sepatu hak tinggi, di mana semua berat tertumpu pada bawah mata kaki Anda. Anda dapat membeli bantalan atau in-sole ini di beberapa toko sepatu atau di tempat reparasi sepatu.

7. Pakai secara bergantian
Menggunakan sepatu high heels selama seminggu berturut-turut dapat membuat kaki Anda terasa sakit. Untuk memberikan rasa nyaman, ganti-gantilah dengan sepatu flat atau sneakers.

Walaupun heels memperpanjang kaki Anda saat menggunakan rok, mereka tidak terlalu penting saat Anda memakai celana panjang, jadi berikan waktu istirahat untuk kaki Anda.

editor: eliza gusmeri
dari berbagai sumber