pelantar.id – Catriona Gray menyabet gelar Miss Universe 2018 dalam pemilihan yang digelar di Impact, Muang Thong Thani Bangkok, Thailand, Senin (17/12/18). Wakil dari Filipina itu sukses mengalahkan kontestan dari 93 negara lainnya.

Gray yang berusia 24 tahun mengenakan gaun merah berkilau. Ia mengaku terinspirasi oleh gunung berapi di Filipina.

Menurutnya, baju merah itu dikenakannya karena, saat berusia 13 tahun, ibunya mengatakan kalau ia bermimpi Gray akan memenangkan Miss Universe dengan gaun merah.

Grey mengalahkan juara pertama Tamaryn Green dari Afrika Selatan dan Sthefany Gutierrez dari Venezuela yang berada di posisi kedua dan ketiga. Gray berhasil mencuri hati para juri saat menjawab pertanyaan personal.

Baca Juga :   Penggemar Suarakan #FreeBritney. Ada apa dengan Britney Spear?

Dari tiga finalis, Gray dianggap memberi jawaban yang paling berkesan dan mengandung nilai penting. Para juri bertanya tentang pelajaran apa yang paling penting dalam hidup mereka, dan apa yang akan diterapkan jika terpilih sebagai Miss Universe.

Tiga kontestan finalis Miss Universe 2018 di Bangkok, Thailand, Senin (17/12/18).
Foto: Reuters / Athit Perawongmetha

Saat tiba gilirannya untuk menjawab, Catriona mengatakan, pelajaran paling berharga dalam hidupnya adalah untuk melihat ke dalam keindahan dan kemurnian mata anak-anak.

“Melalui mereka, kita bisa belajar untuk selalu bersyukur,” katanya.

Catriona menegaskan, jika bisa mengajarkan orang untuk bersyukur, kita bisa memiliki dunia yang luar biasa.

“Hal-hal negatif tak akan bisa berkembang, dan anak-anak akan memiliki senyum bahagia di wajah mereka,” katanya.

Mahkota Ratu Sejagad itu disematkan oleh Miss Universe 2017, Demi Leigh dari Afrika Selatan. Kemenangan Gray ini menjadi kemenangan ke-4 bagi Filipina untuk meraih mahkota Miss Universe.

Catriona Gray

Ucapan Selamat dari Presiden

Baca Juga :   Survei Kaspersky: Pengguna Internet Mulai Sadar Hapus Data Pribadi di Dunia Maya

Terpilihnya Gray sebagai Mis Universe 2018, disambut gempita oleh masyarakat Filipina. Bahkan, Presiden Rodrigo Duterte pun langsung memberi ucapan selamat kepadanya.

“Ms Gray benar-benar membuat seluruh Filipina bangga karena prestasinya di panggung internasional. Ia memamerkan kualitas asli yang mendefinisikan kecantikan Filipina: keyakinan, rahmat, kecerdasan dan kekuatan dalam menghadapi tantangan berat,” katanya dikutip dari cbsnews.com.

“Dalam kesuksesannya, Miss Filipina telah menunjukkan kepada dunia bahwa wanita di negara kita memiliki kemampuan untuk mengubah mimpi menjadi kenyataan melalui hasrat, ketekunan, tekad, dan kerja keras,” sebut Duterte.

Sementara itu, perwakilan Indonesia, Sonia Fergina Citra harus terhenti di 20 besar. Negara-negara yang perwakilanya berhasil masuk ke peringkat 10 besar adalah Afrika Selatan, Vietnam, Venezuela, Filipina, Kosta Rika, Curacao, Nepal, Kanada, Thailand, dan Puerto Rico.

Baca Juga :   Sah, Tarif Ojek Online Rp2.000/Km

*****

Yuri B Trisna