Pelantar.id – Crew Dragon, pesawat antariksa tanpa awak pertama di dunia berhasil docking di stasiun Internasional Space Station.

Crew Dragon berhasil lepas landas dan melakukan docking mulus di luar angkasa dengan International Space Station pada Senin dini hari tanggal 4 Maret 2019.

Pesawat Luar Angkasa ini diluncurkan dengan membonceng roket Falcon 9 buatan SpaceX sebuah perusahaan swasta yang didirikan oleh Elon Musk.

Keberhasilan ini bisa berarti peran astronaut sebagai pilot akan tergantikan oleh komputer untuk penjelajahan luar angkasa di masa depan.

The Crew Dragon merupakan proyek penting NASA dalam mewujudkan program yang disebut Commercial Crew Program atau Program Awak Komersil yang bertujuan mengembangkan pesawat luar angkasa komersil yang dapat mengirim manusia ke dan dari International Space Station.

Baca Juga :   Dwayne "The Rock" Johnson dan Keluarganya Positif Covid-19

Saat ini ada dua perusahaan swasta bersaing dalam pengembangan proyek ini yaitu SpaceX dan Boeing.

Misi pertama Crew Dragon ini merupakan demo dan belum membawa manusia melainkan sebuah boneka astronaut bernama Ripley dan Little Earth sebuah boneka bumi biru yang mungil.

Crew Dragon juga membawa sejumlah Cargo seberat 180 kilogram untuk I.S.S. Pesawat Antariksa Crew Dragon akan berada di ISS selama 5 hari dan menjalankan beberapa tes sebelum kembali ke bumi.

sumber: teknomata.id