pelantar.id – Penerapan bagasi berbayar bukan hanya ada di Indonesia. Di luar negeri, beberapa maskapai penerbangan sudah lebih dahulu memberlakukan kebijakan tersebut.

Kasubdit Sistem Informasi dan Layanan Angkutan Udara, Putu Eka Cahyadi mengatakan, maskapai luar negeri yang memberlakukan tarif bagasi adalah maskapai bertarif rendah tau low cost carrier (LCC) . Maskapai tersebut berasal dari Inggris, Filipina, hingga China.

Dalam ketentuannya, maskapai tersebut hanya memberlakukan tarif tiket kepada penumpang tanpa adanya bagasi. Dengan demikian, penumpang harus membayar ketika ada bagasi.

Sesuai regulasi itu, banyak maskapai LCC yang dapat dikenakan biaya bagasi. Jadi, bukan hanya di Indonesia.

“Misalnya, Finlandia, Inggris, Filipina, China. Banyak sekali maskapai-maskapainya. Di Australia, Jetstar juga tidak memberikan bagasi cuma-cuma,” kata dia dalam Coffe Morning di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (1/2/19) seperti dikutip Detik.com.

Baca Juga :   Bandara Hang Nadim Batam Dilanda Sepi, Sejumlah Penerbangan Dibatalkan

Saat ini, pemerintah tengah mengkaji penerapan tarif bagasi. Hal ini dilakukan guna menahan peningkatan laju inflasi akibat tarif bagasi tersebut.

Menteri Perhubungan Indonesia, Budi Karya Sumadi menjanjikan aturan tersebut akan selesai dalam waktu tiga minggu ke depan

Berikut daftar maskapai luar negeri yang menerapkan bagasi berbayar:

Inggris: Aer Lingus, Easy Jet, Fly Be, dan Jet 2
Irlandia: Ryan Air
Spanyol: Vueling Air
Hungaria: Wizz Air
China: Spring Airlines
Filipina: Cebu Airlines
Singapura: Scoot Airlines
Malaysia: Air Asia
Australia: Jet Star

*****