Pelantar.id – Keterbatasan akses menjadi satu alasan untuk menjangkau pulau-pulau terluar Indonesia. Masing-masing pulau terluar tersebut memiliki potensi keindahan yang luar biasa. Karena letaknya yang jauh mungkin hanya segelintir orang yang dapat menikmati keindahannya.

Ada banyak pulau-pulau terluar di Indonesia terutama yang terletak di perbatasan yang menjadi destinasi wisatawan lokal dan mancanegara. Apa saja pulau-pulau tersebut? Berikut ini ada beberapa di antaranya yang dapat Anda tuju sebagai rencana destinasi wisata berikutnya.

Pulau Berhala, Selat Malaka

Pulau Berhala adalah pulau terluar di Selat Malaka, masuk wilayah Sumatera Utara, tepatnya di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Pulau seluas 2,5 kilometer persegi dengan kontur tanah bergunung dan berhutan lebat, dengan pasir pantainya yang lembut yang konon mirip dengan susu bubuk, putih, dan lembut.

Pulau ini adalah lokasi penangkaran penyu. Beragam spesies jenis ikan dan karang yang hidup secara bebas.

Miangas

Pulau Miangas sebagai tapal batas yang memiliki sejarah panjang. Merupakan salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan Kepulauan Nanusa yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Potensi wisata pulau ini sangat besar. Perairannya yang sangat jernih, berbagai jenis ikan laut seperti ikan layar, cakalang, ikan kulit pasir, lobster, teripang, dan ikan laut dalam. Ada pula ketam kenari, yaitu sejenis kepiting kelapa yang harganya lebih mahal dari lobster.

Baca Juga :   Bank bjb Buka Kantor Kas di Sagulung

Pantainya juga tak kalah indah, segala penjuru pulau tak ada tempat yang tak menarik untuk diabadikan dengan berfoto. Di Pantai Racuna yang sangat dekat pemukiman penduduk terdapat Tugu NKRI, penanda sedang berada di tapal batas.

Natuna

Pulau ini masuk dalam gugusan pulau yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan, termasuk ke dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Pulau-pulau terluar dari gugusan natuna merupakan batas bagian paling utara Indonesia.

Keindahan alam Pulau Natuna sering disebut sebagai mutiara di ujung utara karena memiliki alam yang masih asri, dan menyimpan banyak potensi wisata yang menakjubkan. Terdapat lebih dari 10 pantai dengan keindahan dan keunikan yang memukau. Wilayah perairan yang sangat terjaga, menjadi rumah bagi berbagai biota bawah laut.

Anambas

Kepulauan Anambas terletak antara Singapura dan Kepulauan Natuna. Keindahan Pulau Anambas menempatkannya sebagai peringkat pertama pulau tropis terindah di Asia versi CNN tahun 2012, mengalahkan Koh Cang dan Similand (Thailand), Langkawi (Malaysia), serta Teluk Halong (Vietnam). Kepulauan Anambas memiliki 255 pulau, hanya 26 pulau saja yang dijadikan sebagai tempat tinggal penduduk, dan sekitar 229 pulau yang masih bisa dieksplor.

Baca Juga :   Pandemi Sebabkan Turunnya Permintaan Wisata ke Luar Negeri

Bentangan pasir putih berbulir halus sejauh 8 km dapat dinikmati di Pantai Padang Melang yang terletak di Kecamatan Jemaja. Pantai dengan landscape melengkung seperti tapal kuda dengan hiasan pohon kelapa dan cemara dan deretan gazebo untuk beristirahat di antara pepohonan, sambil memandangi keindahan laut di depan mata.

Ada Pulau Bawah yang menawarkan laguna atau danau kecil yang khas, yang terbentuk dari kepungan gugus pulau di tengah laut, sehingga menghasilkan danau air asin dangkal. Ada tempat konservasi penyu di Pulau Durai.

Bintan

Pulau ini menawarkan keindahan bahari, salah satunya eksotisnya batu-batu granit di Pantai Trikora yang merupakan pantai dengan garis panjang di pesisir timur Pulau Bintan. Bintan masih bagian wilayah provinsi Kepulauan Riau.

Pantai Lagoi, yang menjadi miniatur Singapura bercita rasa Bali. Berbagai fasilitas tersedia hampir sana dengan pantai-pantai di Bali, seperti diskotik, spa, lapangan golf, dan resort-resort. Pantai ini berhadapan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

sumber: pesona.travel

foto: liputan6