pelantar.id – Komandan Kodim (Dandim) 0316/Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana mengajak seluruh elemen masyarakat terutama wartawan untuk menolak dan memerangi pemberitaan hoax. Setiap berita yang disampaikan wartawan harus memenuhi kaidah jurnalistik, dan memberi manfaat sebaik-baiknya untuk masyarakat.

“Saya melihat bahwa posisi insan pers ini sangat penting, corong yang bisa menyampaikan informasi secara langsung kepada masyarakat Kota Batam. Karena itu, tugas wartawan menjadi penting untuk memerangi pemberitaan hoax,” katanya di acara silaturahmi bersama insan pers Batam, Kepulauan Riau di kantornya, Rabu (17/10).

Letkol Infantri Romel yang sudah menjabat selama dua bulan di Batam ini mengatakan, masyarakat memerlukan pemberitaan yang benar, akurat dan berimbang. Sehingga berita yang telah dimuat tak menimbulkan gejolak serta kericuhan di masyarakat.

Baca Juga :   Indonesia Peringkat ke-79 sebagai Negara Teraman dari Covid-19?

“Kami berharap, sebelum berita itu tersampaikan kepada masyarakat, harus diperiksa terlebih dahulu akurasi, serta kebenarannya,” kata dia.

Baca Juga : Ratna Sarumpaet Ditangkap, Polisi Periksa Amien Rais

Menurut Romel, saat ini pemberitaan hoax yang beredar sudah sangat marak dan meresahkan. Celakanya lagi, informasi hoax tersebut seakan-akan menjadi tren di masyarakat Indonesia.

Informasi yang keliru, bahkan tidak jelas sumbernya justeru sering disebarluaskan masyarakat, terutama oleh para pengguna media sosial di internet. Menurut Romel, hal itu berdampak buruk bagi demokrasi, juga hubungan sosial di masyarakat dan kehidupan bernegara..

“Satu kebohongan akan menimbulkan seribu kebohongan lainnya, dan kebohongan yang dibiarkan akan dianggap menjadi sebuah kebenaran. Ini yang bahaya,” tegasnya.

Baca Juga :   Klinik Berusaha Hadir di Batam, Urus Perizinan Kini Semakin Mudah

Romel berharap agar insan pers mengekspos berita yang sesuai dengan fakta dan kebenaran yang ada.

“Ke depan, mari kita sama-sama menciptakan Batam dan Indonesia ini menjadi kota dan negara yang aman serta kondusif,” tutupnya.

 

 

Reporter : Fathurrohim

Editor: Yuri B Trisna