Pelantar.id – Camp Vietnam terletak di pulau Galang, Batam kepulauan Riau, Tepatnya di desa Sijantung. Tempat ini direncanakan pemerintah sebagai tempat pembangunan rumah sakit khusus yang menampung pasien virus corona.

Dikutip dari CNN Indonesia, rencana tersebut diungkapkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau lokasi yang menjadi tempat pembangunan rumah sakit tersebut, ex camp Vietnam, Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (4/4).

Untuk diketahui, ex Camp Vietnam dulunya dijadikan sebagai tempat pengungsian pelarian warga Vietnam ke Pulau Galang, Batam. Tepatnya pada tahun 1975 hingga 1996 berdirilah kamp pengungsian Vietnam.

Kemudian Camp ini ditutup tahun 1996 setelah 20 tahun memberi kehidupan sementara bagi pengungsi Vietnam. Namun saat ini ex Camp Vietnam sudah berubah menjadi salah satu destinasi wisata Batam.

Baca Juga :   Boneka Supranatural Annabelle Lari dari Museum, Bagaimana Ceritanya?

Dikutip dari seniberjalan.com, Camp Vietnam di Pulau Galang resmi dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata pada tahun 2000.

Fasilitas di Camp Vietnam Pulau Galang

Camp Vietnam memiliki luas sekitar 80 ha. Sebagai tempat pengungsian, dulunya Camp Vietnam menyediakan beberapa fasilitas seperti barak-barak pengungsian, rumah sakit, sekolah, rumah ibadah, pemakaman umum, bahkan penjara.

Hingga saat ini, beberapa bangunan tersebut masih tampak kokoh meskipun terlihat lusuh. Gereja adalah satu bangunan yang masih digunakan hingga sekarang di Camp Vietnam.

Tak jarang, pada saat weekend gereja ini ramai dikunjungi, bahkan masih digunakan sebagai tempat ibadah umat katolik.

Cara ke Camp Vietnam

Dari pusat kota Batam, menuju Camp Vietnam menempuh waktu kurang lebih 1.5 – 2 jam perjalanan dari Batam. Tempat ini berjarak sekitar 50 km dari Batam.

Baca Juga :   Wali Kota Batam Surati Menteri Kesehatan

Untuk transportasi pada umumnya menggunakan kendaraan pribadi atau jasa travel. Namun saat ini sudah tersedia bus umum (trans Batam) menuju Galang.

https://www.google.com/maps/search/camp+vietnam/@0.7554556,104.1889105,14.38z