pelantar.id – Menyambut Idul Adha 1441 H, Pemkot Kota Batam sudah memastikan kesediaan hewan ternak untuk kurban. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Batam, Mardanis mengatakan ada total 13.980 ekor hewan ternak yang tersedia di Batam saat ini.

“Terdiri dari 10.446 ekor kambing dan 3.534 ekor sapi,” kata Mardanis di Sekupang, Senin (27/7) dikutip dari media center Batam.

Dari jumlah tersebut dipastikan, jumlah hewan ternak yang tersedia tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Pada Idul Adha tahun lalu, jumlah hewan yang didata DKPP sebanyak 13.138 ekor.

Sementara untuk persiapan kurban di Kota Batam pada Idul Adha 1440 H/2019 yaitu sebanyak 3.905 ekor. Terdiri dari 1.285 ekor sapi dan 2.620 ekor kambing.

Baca Juga :   KRI Bung Tomo Tangkap Dua Kapal Vietnam Pencuri Ikan

Selain itu, tahun ini pedagang ternak juga menjamur. Hewan ini tersebar di 87 pedagang se-Kota Batam. Sebanyak 41 pedagang di antaranya berlokasi di Sei Temiang. Sedangkan pedagang lainnya tersebar di sejumlah kecamatan.

Tahun lalu hanya ada 26 pedagang di luar kawasan Sei Temiang.

Hewan ternak ini tak hanya untuk memenuhi kebutuhan kurban. Tapi juga kebutuhan penjualan di pasar yang biasa meningkat di musim hari raya.

Tim Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) juga telah menyelesaikan pemeriksaan hewan ternak untuk kebutuhan Idul Adha 1441 H.

Menurut Mardanis, sapi dan kambing yang ada di Batam saat ini dalam kondisi baik. Pada saat pengawasan, seluruh sapi dalam keadaan sehat. Sedangkan untuk kambing ada beberapa yang sedang sakit mata.

Baca Juga :   Menarik Perhatian Milenial, Pulau Abang Dipromosikan di Bandung

“Insya Allah nanti di hari H kami akan turun pengawasan lagi. Tapi kali ini ke lokasi pemotongan hewan kurban, di masjid-masjid. Terutama yang banyak hewan kurbannya. Guna memastikan dagingnya layak konsumsi dan tidak ada penyakit seperti cacing di hati,” paparnya.

media center batam