Pelantar.id – Pemerintah Indonesia menyatakan dua warga Indonesia positif terkena virus corona, Senin 2 Maret 2020. Dua orang tersebut seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Meraka berasal dari Depok.

Presiden Jokowi dalam kompas.com menyebut keduanya terinfeksi dari warga Jepang saat berkunjung ke Indonesia. Warga Jepang itu baru terdeteksi virus corona setelah meninggalkan Indonesia atau saat ia berada di Malaysia. Lalu apa yang dilakukan pemerintah Indonesia?

Menurut Menteri Kesehatan, dr. Terawan bahwa prosedur yang dilakukan untuk dua orang itu sudah mengacu pada epidemiologis dan yang telah ditetapkan secara internasional.

Di bawah Balitbangkes Kementerian Kesehatan langsung melakukan pengujian sampel swab dari pasien yang diduga menderita Covid-19 tersebut. Saat ini keduanya sudah dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Baca Juga :   Cara Menghindar dari Paparan Virus Corona Versi WHO

Sebelumnya, Pemerintah menyatakan warga Indonesia belum terjangkit virus Corona. Namun, pernyataan tersebut diragukan oleh dunia Internasional karena secara geografis Indonesia berdekatan dengan Singapura dan Malaysia di mana beberapa warganya telah terpapar.

Sementara, dilansir dari CNA, saat ini kasus virus corona di Singapura sudah mencapai 160 kasus.

 

Kompas, CNA