pelantar.id — Dua pemain Tim Nasional U-16 Indonesia masuk dalam daftar 8 talenta terbaik Asia Tenggara versi Fox Sports Asia. Mereka adalah Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri dan Andre Oktaviansyah.

Penilaian Fox Sports Asia tersebut berdasarkan penampilan di ajang Piala Asia U-16 2018 yang diselenggarakan di Malaysia. Menurut Fox Sports Asia, kedelapan pemain itu patut diamati karena diprediksi akan menjadi bintang di masa depan.

Baca Juga : Timnas U-16 Puaskan Dahaga Juara Indonesia

Nama Bagus Kahfi meroket saat menjadi pilar penting timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2018 pada Agustus lalu.
Bagus Kahfi menyandingkan trofi juara dengan gelar top skor. Bagus Kahfi total mencetak 12 gol dari tujuh laga di turnamen itu.

Baca Juga :   Alasan Pria Memutuskan Balikan dengan Mantan

Bagus Kahfi tetap menjadi andalan Pelatih Fakhri Husaini ketika Indonesia mengikuti Piala Asia U-16 2018. Meski hanya bisa mencetak satu gol, Bagus Kahfi tetap menarik perhatian karena aksinya di lapangan. Menurunnya jumlah gol Bagus Kahfi juga kemungkinan disebabkan perubahan posisi.

Fakhri Husaini memilih menempatkan Bagus Kahfi di sayap kanan dan memasang Sultan Diego Zico sebagai penyerang tengah. Fox Sports Asia kemudian menyebut Bagus Kahfi sebagai titisan legenda timnas Indonesia, Boaz Solossa. Bagus Kahfi dianggap punya kecepatan dan penyelesaian akhir yang bagus seperti yang dimiliki Boaz.

Andre Oktaviansyah 

Nama kedua yang menjadi sorotan adalah Andre Oktaviansyah yang berposisi sebagai gelandang. Posisi Andre memang tidak tergantikan dalam skema tiga gelandang Fakhri Husaini.

Baca Juga :   Penyebab Kobe Bryant Meninggal Dunia

Andre bersama kapten tim, David Maulana, menjadi nyawa lini tengah Indonesia selama ini. Fox Sports Asia menilai Andre akan menjadi playmaker andalan Indonesia karena punya visi bermain yang diimbangi dengan tenaga atau stamina yang besar.

Fox Sports Asia kemudian menyamakan Andre dengan Evan Dimas dan Firman Utina karena pengaruhnya di lapangan dalam skema permainan tim.

Pada Piala Asia U-16 2018 , Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos dari fase grup ke fase gugur. Langkah Indonesia terhenti di babak perempat final setelah kalah 2-3 dari timnas U-16 Australia.

Berikut 8 talenta terbaik Asia Tenggara versi Fox Sports:
1. Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri (Indonesia)
2. Andre Oktaviansyah (Indonesia)
3. Khuat Van Khang (Vietnam)
4. Nguyen Van Tu (Vietnam)
5. Suphanat Mueanta (Thailand)
6. Thanarin Thumsen (Thailand)
7. Alif Mutalib (Malaysia)
8. Luqman Hakim (Malaysia)

Baca Juga :   Honor Penyuluh Agama Non-PNS Naik 100 Persen Mulai Bulan Ini

Sumber : Kompas.com