Pelantar.id – Sebanyak 2000 keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) dimusnahkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Karimun, Jumat sore (14/12/2018).

Bertempat ddihalaman gedung B komplek perkantoran Pemkab, KTP yang dimusnahka tersebut merupakan KTP yang sudah rusak dan kadaluarsa.

Menurut Kepala Bagian Umum Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Republik Indonesia, Sutrisno tindakan memusnahkan KTP dilakukan atas instruksi dari Kemendagri, yang tertuang didalam surat edaran nomor 470.13/11176/SJ tertanggal 13 Desember 2018, tentang penatausahaan KTP Elektronik atau e-KTP rusak atau invalid.

“Pemusnahan KTP ini dilakukan karena rusak dan kadaluarsa. Tujuan dimusnahkan adalah agar tidak disalahgunakan oleh pihak tertentu yang tidak bertanggungjawab,” jelas Sutrisno.

Baca Juga :   Mobil Terbang Liberty Dijual Tahun Ini, Berapa Harganya?

Dikatakan, dalam pemusnahan KTP tersebut, dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia.

Sementara, Kepala Disduk Capil Kabupaten Karimun, Muhammad Tahar mengatakan, jumlah 2000 KTP yang dimusnahkan itu berasal dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Karimun, yang kemudian dikumpulkan dan telah dinyatakan rusak atau kadaluarsa.

Menurutnya, angka 2000 KTP yang dimusnahkan masih jumlah sementara. Karena masih ada KTP kadaluarsa dan rusak yang tersebar di beberapa Kecamatan masih ditunggu, untuk dimusnahkan, hanya saja belum diketahui berapa jumlah pastinya.

“Pemushana KTP ini baru kali pertama dilakukan Pemkab Karimun melalui Disduk Capil. Sebelum-sebelumnya kita kembalikan ke pusat yang diawali dengan pengguntingan KTP rusak dan kadaluarsa, lalu diserahkan ke Kementerian. Tapi berdasarkan surat edaran dari Kementerian yang terbaru ini, maka hari ini kita musnahkan langsung,” kata Tahar.

Baca Juga :   Lomba Video Pendek Millennials Kemenpar Berhadiah Rp 200 juta

Adapun proses pemusnahan KTP rusak dan kadaluarsa itu dilakukan dengan cara dibakar, yang disakasikan oleh beberapa pihak, mulai dari perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

=============
Keterangan Foto: 2000 KTP rusak dan kadaluarsa dimusnahkan dengan cara dibakar di depan Kantor Disduk Capil Pemkab Karimun, Jumat sore (14/12)