Pelantar.id – Sejak pandemi, masyarakat nelayan di Kepri ikut terdampak secara ekonomi. Pjs Gubernur Provinsi Kepri Bahtiar Baharuddin mengatakan bahwa masyarakat nelayan tak hanya terdampak pandemi Covid-19 namun juga bakal terdampak cuaca buruk dimusim angin muson barat yang terjadi rentang Oktober-April mendatang.

“Pastinya pada cuaca tersebut membuat nelayan kita harus lebih banyak didarat sehingga dengan pemberdayaan dari pemerintah, akan membuat mereka dapat penghasilan di darat,” tegas Bahtiar dikutip dari kepriprov.

Menurut Bahtiar, pemberdayaan kepada masyarakat khususnya nelayan ini sangat penting guna melatih masyarakat untuk dapat meningkatkan kemampuannya guna peningkatan ekonomi.

“Apalagi pada situasi saat ini, maka saya harap pada APBD tahun mendatang Setiap kabupaten kota dapat menganggarkan anggaran yang khusus diperuntukkan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat saat ini,” tegas Bahtiar.

Baca Juga :   Pemko Batam Deklarasikan Pilah Sampah Dari Rumah

Bahtiar meminta pemerintah daerah khususnya kabupaten kota untuk dapat melakukan berbagai upaya untuk memberdayakan masyarakat sekitar agar dapat menjadi sumber penghasilan dan ekonomi masyarakat.

“Seperti membuat sesuatu yang bisa dijadikan sumber lapangan kerja bagi masyarakat, seperti untuk masyarakat nelayan bangun sesuatu di darat yang mampu menjadi sumber penghasilan ekonomi masyarakat selama pandemi,” tegas Bahtiar.